Sinode
GKPB
NEWS
Sinode GKPB
Jl. Raya Kapal No 20, Kapal - Mengwi - Mangupura - Bali
Telp: (0361) 2747624 / 4425362 | Fax: (0361) 4424862 | Email: sinode.gkpb@gmail.com
Ayat Mas Harian
22 Jul 2018
(Mamur 20: 8)
Orang ini memegahkan kereta dan orang itu memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama TUHAN, Allah kita.
Dosen Undhira Diana Erfiani Raih Gelar Doktor

Kembali Dosen Universitas Dhyana Pura  yang bergelar doktor bertambah jumlahnya. Kali ini dosen tetap Undhira di Program Studi Sastra Inggris  Ni Made Diana Erfiani, SS, M.Hum setelah mempertahankan desertasinya pada hari Rabu, 15 Juni 2016, pada Ujian Terbuka Program Doktor, Program Studi Linguistik, Program Pascasarjana, Universitas Udayana. Dengan mempertahankan desertasi yang berjudul “ Penerjemahan Simbol – Simbol Religi pada Kitab Wahyu” dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude.
 

Diana Erfiani dinyatakan sebagai Doktor Linguistik dengan promotor Prof. Dr. Drs. Ida Bagus Putra Yadnya, MA.  Dalam Ujian terbuka kemarin yang menjadi tim penguji adalah Prof. Dr. I Nengah Sudipa, MA, Ida Ayu Made Puspani, M.Hum, Prof. Dr. Ni  Nyoman Padma Dewi, MA, Prof. Dr N L Sutjiati Beratha, MA, Prof Dr. Aron Meko Mbete, Prof.Dr I Wayan Simpen, M.Hum dan Prof. Drs. Ketut Artawa, MA.Ph.D.
 

Dalam desertasinya Diana Erfiani menyatakan simbol sebagai salah satu  dari tiga jenis bahasa kiasan yang populer pada hampir semua jenis bahasa memiliki peran yang signifikan dalam kehidupan manusia, sehingga simbol merupakan alat yang kuat untuk memperluas pengetahuan, merangsang daya imajinasi dan memperdalam pengetahuan. Desertasi ini diharapkan akan memberikan manfaat penerjemahan simbol yang sarat dengan muatan religi dengan memanfaatkan kajian semotik sebagai salah satu pendekatan dalam pemecahan masalah penerjemahan dari bahasa sumber ke bahasa target.
 

Prof Dr. DRs. Ida Bagus Putra Yadnya MA selaku promotor menyampaikan bahwa penelitian dari diana Erfiani ini memberikan pemahaman yang baru proses penterjemahan tidak saja kepada penterjemahan bahasa dan makna  tetapi lebih kepada cultural transfer atau transfer budaya. Diharapkan ke depan dalam proses penterjemahan senantiasa akan melibatkan pendekatan fungsional dan hasil terjemahan tersebut hendaklan Clear, Accurate, and Natural.
 

Rektor Undhira Dr.dr. Made Nyandra, Sp.KJ., M.Repro FIAS mengucapkan selamat dan penghargaan atas diraihnya gelar doktor oleh salah satu Dekan Undhira. Rektor berharap ini akan memacu dosen dan akdemis yang lain di lingkungan Undhira untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sehingga akan mampu memberikan layanan pendidikan yang berkwalitas sesuai dengan visi Undhira menjadi Universitas Teladan Unggulan.
 

Undhira sendiri saat ini  memiliki 7 jurusan dengan 13 program studi yang telah terakreditasi yakni jurusan Manajemen dan Bisnis dengan program studi Manajemen dan program studi D3 Manajemen Pemasaran, Jurusan Psikologi dengan program studi Psikologi, jurusan Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan program studi PKK dan program studi PG PAUD, jurusan Sastra Inggris  dengan program studi Sastra Inggris, jurusan Bioteknologi dengan program studi Biologi, Jurusan Komputer dengan program studi Sistem  Informasi dan program studi Teknik Informasi dan jurusan Kesehatan dengan program studi Fisioterapi, program studi Rekam Medis, program studi Kesehatan Masyarakat, dan program studi Ilmu Gizi. Disamping program S1, Undhira juga memiliki program Pendidikan dan Pelatihan Pariwisata (PPLP) dengan program pelatihan 1 hingga 3 tahun yang memberikan ketrampilan di bidang pariwisata. Pendaftaran mahasiswa baru telah dimulai sampai dengan bulan Agustus 2016.

Senin, 25 Jul 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.AC.ID