Sinode
GKPB
NEWS
Sinode GKPB
Gereja Kristen Protestan di Bali
Jl. Raya Kapal No 20, Kapal - Mengwi - Mangupura - Bali
Telp: (0361) 2747624 / 4425362 | Fax: (0361) 4424862 | Email: sinode.gkpb@gmail.com
Pembinaan Guru Sekolah Minggu & Remaja Duta Kristama 2023 Wilayah Badung Selatan dan Kota Denpasar

Dengan mengangkat Sub Tema: “Diperlengkapi untuk Menggenapi Panggilan Sorgawi” yang diinspirasi dari 1 Timotius 1:12b, kegiatan pembinaan Guru Sekolah Minggu dan Remaja Duta Kristama 2023 wilayah Badung Selatan dan Wilayah Kota dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 April 2023, yang bertempat di GKPB Jemaat Bukit Doa Nusa Dua. Dihadiri oleh 14 Jemaat dari kedua Wilayah tersebut, kegiatan diawali dengan Ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt.Paulina Jansri Dangga. Kakak-kakak Guru Sekolah Minggu dan Remaja (GSMR) disambut oleh Pdt. I Nengah Suama selaku Ketua Majelis GKPB Bukit Doa. Kemudian Pdt. Victor Hamel mewakili Majelis Wilayah Kota. Bahkan turut hadir juga Pdt. Lisa Djami, Pdt. Parwita dan Pdt. Gusti Bagus Herry, selaku Kabid Pemuda dan Sekolah Minggu, sekaligus membuka Pembinaan Guru Sekolah Minggu dan Remaja Duta Kristama 2023.

Kak Jane, selaku Ketua Panitia Pembinaan ini, berharap agar kegiatan ini dapat memberikan penyegarkan kembali kepada kakak-kakak GSMR di dalam pelayanan. Dengan memilih materi-materi pembinaan yang dibutuhkan, Kak Jane berharap GSMR dapat lebih bersemangat lagi dalam pelayanan. Disamping itu, melalui kegiatan ini kakak-kakak GSMR diberikan wadah dan kesempatan untuk bisa saling bertemu, berkenalan serta berbagi pengalaman.

Kegiatan yang dimulai dari pagi hingga sore hari ini cukup padat dan dilaksanakan secara marathon. Diawali dengan Sesi I, yaitu tentang GKPB dan Duta Kristama oleh Pdt Bagus Herry. Dilanjutkan dengan Sesi II dengan materi yang mendapat banyak pertanyaan dari peserta, yaitu Safeguarding Policy GKPB oleh Pdt. I Nyoman Parwita. Sesi III, yaitu Psikologi Anak dan Remaja oleh Kak Agnes dari Undhira, juga mendapat perhatian dan antusias dari kakak-kakak Peserta.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan kegiatan pisah kelas dengan materi yang berbeda-beda. Tiap kelasnya, disesuaikan dengan kelas masing-masing GSMR. Kelas I, yaitu kelas anak-anak PAUD dan Kecil, kakak-kakak GSMR diperlengkapi dengan materi yang sangat menarik trik-trik membuat alat-alat peraga dari barang-barang yang ada di sekitar kita oleh Ibu Eka. Sementara kelas II, yaitu kelas Besar dan Tanggung  oleh Pdt. Lisa Djami, memperlengkapi GSMR tentang bagaimana mempersiapkan diri untuk mengajar dan role play. Kelas III, yaitu kelas Remaja yang dibawakan oleh Pdt. Rio, GSMR diperlengkapi agar bisa lebih memahami dan mengerti Remaja saat ini dan Perkembangannya serta mengajarkan mereka hal-hal yang bersifat teologi.

Beberapa komentar dan Pesan dari peserta adalah GSMR merasa senang dan diperlengkapi melalui pembinaan ini dan merekomendasikan agar dapat dilanjutkan. Bahkan jika memungkitkan, pembinaan ini diharapkan dapat dilaksanakan setiap tahun dengan materi yang berbeda. Tentunya dengan jumlah peserta yang lebih ditingkatkan. Walaupun lelah, terlihat sukacita dari wajah GSMR yang hadir, karena telah mendapatkan hal-hal baru yang sangat dibutuhkan dalam mengajar.

Kak Agus Sarwa Edy selaku Ketua Pusat PGSMR Duta Kristama, sangat mengapresiasi antusiasme dari seluruh GSMR yang hadir serta sangat berterima kasih kepada Panitia Pusat, Panitia Wilayah dan Panitia Lokal GKPB Bukit Doa serta para pengisi Materi. Diharapkan juga kegiatan ini bisa lebih bersinergi dengan Pengurus Kategorial lain dan Jemaat, sehingga tidak berbenturan satu dengan yang lain.

Di penghujung acara, Pdt. Bagus Herry menutup kegiatan ini dan mengajak serta mengutus GSMR untuk tidak pernah lelah memberitakan kabar baik kepada anak-anak Sekolah Minggu dan Remaja dalam hikmat dan kekuatan yang dari Tuhan.

“Siapa saya?” “Guru-Guru Dahsyat!” “Awesome!”
Fernando Hutapea/Jemaat Bukit Doa Nusa Dua - Ketua PGSMR Wilayah Kota

kamis, 27 Apr 2023 | Oleh: admin sinode