Sinode
GKPB
NEWS
Sinode GKPB
Gereja Kristen Protestan di Bali
Jl. Raya Kapal No 20, Kapal - Mengwi - Mangupura - Bali
Telp: (0361) 2747624 / 4425362 | Fax: (0361) 4424862 | Email: sinode.gkpb@gmail.com
Pendampingan Persiapan Mengajar PGSMR Jemaat Gabungan Banyupoh, Sumberkima dan Patas Tinga-tinga

Pelayanan anak adalah pelayanan yang sangat penting, bahkan tidak kalah penting dari pelayanan bagi jemaat dewasa. Melalui pelayanan anak, dasar-dasar iman Kristen ditanamkan dan mereka diperkenalkan kepada Tuhan Sang Pencipta dan Penyelamat mereka. Sebab itu, pelayanan anak tidak boleh diabaikan jika kita ingin membangun jemaat yang memiliki kehidupan beriman yang kokoh. Sebagaimana pondasi rumah membuatnya dapat berdiri tegak di tengah segala tantangan, demikianlah pelayanan anak membuat bangunan iman jemaat menjadi kokoh di tengah segala tantangan zaman.
 
Dengan tersedianya Kabid khusus untuk pelayanan Sekolah Minggu dan Remaja, maka diharapkan pelayanan anak akan  mendapat pendampingan yang lebih maksimal. Sebab itu, koordinasi dan pendampingan pelayanan oleh Kabid pelayanan anak diharapkan dapat dimaksimalkan, baik di jemaat, wilayah maupun pusat. Khususnya bagi PGSMR jemaat, jangan ragu untuk menghubungi Kabid pendamping pelayanan anak sehingga kualitas pelayanan anak di jemaat semakin mendapat pendampingan, pembekalan dan penguatan.
 
PGSMR GKPB Jemaat Gabungan Banyupoh, Sumberkima dan Patas Tinga-tinga adalah salah satu PGSMR Jemaat yang selalu berusaha memanfaatkan pendampingan Kabid Khusus Sekolah Minggu dan Remaja dalam pelayanan anak mereka. Pada Selasa, 24 Februari 2023 yang lalu, mereka kembali melakukan persiapan pelayanan Sekolah Minggu dan Remaja bersama Kabid pendamping. Dalam hal ini, mereka menggunakan fasilitas panggilan video whatsapp untuk melakukan persiapan ini. Jalan ini ditempuh karena jarak yang jauh antara jemaat-jemaat gabungan tersebut. Namun hal itu tidak menjadi masalah sebab semua Guru Sekolah Minggu dan Remaja (GSMR) sudah memiliki fasilitas yang memadai untuk melakukan hal itu. Namun demikian, jika persiapan hendak dilakukan secara onsite, hal itu pun sesungguhnya tidak menjadi masalah, bahkan akan jauh lebih baik mengingat situasi pandemik covid 19 yang sudah mereda.
 
Dalam persiapan itu kami membahas bahan pengajaran Sekolah Minggu untuk hari Minggu, 19 Februari 2023 yang berjudul “Yosua Menggantikan Musa”. Dalam persiapan mengajar ini, dibahas terlebih dahulu tujuan dari seri pengajaran ini. Adapun tujuan itu adalah agar anak-anak dapat mengerti bahwa Tuhan memiliki rencana yang indah bagi mereka, bahkan Tuhan pasti menggenapi rencanaNya dan Tuhan berkenan memakai atau melibatkan mereka dalam penggenapan rencanaNya. Selain itu, dibagikan juga bagaimana cara menghafalkan ayat hafalan yang disediakan sesuai dengan tahapan-tahapan kelas yang ada di jemaat tersebut.
 
Mengenai isi cerita Alkitab yang dibawakan, pembahasan dibagi menjadi dua bagian, yakni pembahasan cerita untuk guru-guru dan pembahasan untuk disampaikan kepada anak-anak. Pembahasan untuk guru-guru bertujuan agar GSMR mendapat wawasan yang semakin lengkap maupun pengajaran yang berguna untuk membangun iman dan kehidupan mereka di dalam Tuhan. Sedangkan pembahasan yang menjadi materi ajar untuk anak-anak dibahas untuk memudahkan GSMR untuk menyampaikan materi kepada anak-anak. Disamping itu, dibahas juga aktivitas yang dapat diberikan kepada anak-anak sesuai usia dan tahapan kelas serta lagu-lagu pujian yang akan dinyanyikan dalam ibadah dan kelas Sekolah Minggu.
 
Kiranya PGSMR Jemaat GKPB lainnya juga terus melakukan persiapan-persiapan mengajar secara teratur sehingga pendampingan pelayanan anak dapat dilakukan dengan maksimal. PGSMR Jemaat juga dapat menghubungi Kabid pendamping pelayanan anak untuk melakukan persiapan bersama seperti yang sudah dilakukan PGSMR Jemaat Gabungan Banyupoh, Sumberkima dan Patas Tinga-tinga. Dengan ini, pendampingan, pembekalan dan penguatan pelayanan anak dapat terus dilakukan. (GBH)

rabu, 22 Feb 2023 | Oleh: admin sinode