Sinode
GKPB
NEWS
Sinode GKPB
Gereja Kristen Protestan di Bali
Jl. Raya Kapal No 20, Kapal - Mengwi - Mangupura - Bali
Telp: (0361) 2747624 / 4425362 | Fax: (0361) 4424862 | Email: sinode.gkpb@gmail.com
Seminar Membangun Kesehatan Mental Sejak Dini

Pada Jumat, 21 Juli 2023, Departemen Persekutuan dan Pembinaan GKPB (Deptubin) berkolaborasi dengan Universitas Dhyana Pura menyelenggarakan seminar bertajuk "Membangun Kesehatan Mental Sejak Dini" sebagai bagian dari Program Kabid SMR dan Pemuda juga dalam mempromosikan kesejahteraan holistik bagi mahasiswa dan masyarakat. Acara yang diadakan di kampus universitas ini menghadirkan dua pembicara ahli dalam bidang kesehatan mental, yakni dr. Sang Ketut Widiana Sp.PD., dan Dr. dr. Made Nyandra. Sp.K.J., M.Repro,FIAS.
 
Seminar ini diadakan bersamaan dengan open campus Undhira yang juga mnejadi ajang promosi kampus Undhira kepada khalayak umum. Acara ini dilaksanakan hybrid yang dimana dilakukan secara offline di Gedung E Undhira dan online melalui zoom. Total peserta yang mengikuti seminar ini yaitu 302 orang. Pentingnya kesehatan mental dalam menjalani kehidupan sehari-hari semakin ditekankan, terutama di tengah tekanan dan tuntutan yang semakin kompleks di dunia modern. Seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana membangun kesehatan mental sejak dini sebagai investasi berharga untuk masa depan yang lebih baik.
 
Pembicara pertama, dr. Sang Ketut Widiana Sp.PD, seorang spesialis psikiatri, memberikan perspektif medis mengenai pentingnya pemahaman tentang kesehatan mental. Pada kesempatan ini, ia membahas mengenai bahaya DBD dan cara pencegahannya terkait dengan sponsor yang mendukung seminar juga apa yang sedang terjadi pada saat ini di Bali.
 
Dr. dr. Made Nyandra. Sp.K.J., M.Repro, FIAS, sebagai pembicara kedua dan juga pembicara utama, membawa perspektif psikologis dalam konteks kesehatan mental. Dalam presentasinya, beliau membahas pentingnya memahami dinamika emosi, pola pikir dan perilaku yang berkontribusi terhadap kesehatan mental yang kuat. Ia juga menyoroti pentingnya komunikasi yang efektif dalam hubungan sosial sebagai faktor penting dalam membangun kesehatan mental yang baik.
 
Seminar ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang aspek medis dan psikologis kesehatan mental, tetapi juga menekankan pada pentingnya pendekatan yang holistik dalam menjaga kesejahteraan kita. Dalam rangkaian sesi tanya jawab, peserta diberi kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan kedua pembicara, mendapatkan wawasan lebih lanjut, serta berbagi pengalaman dan pertanyaan mereka.
 
Melalui seminar ini, Universitas Dhyana Pura berharap dapat membuka ruang diskusi yang lebih luas tentang kesehatan mental, mendorong kesadaran akan pentingnya perawatan diri yang komprehensif, dan menginspirasi tindakan nyata dalam membina kesehatan mental sejak dini. Dengan membangun dasar yang kuat di bidang ini, masyarakat diharapkan dapat menghadapi tantangan kehidupan dengan lebih baik, lebih bugar dan lebih sejahtera secara holistik.

Selasa, 22 Aug 2023 | Oleh: admin sinode