Sinode
GKPB
RENUNGAN
Sinode GKPB
Gereja Kristen Protestan di Bali
Jl. Raya Kapal No 20, Kapal - Mengwi - Mangupura - Bali
Telp: (0361) 2747624 / 4425362 | Fax: (0361) 4424862 | Email: sinode.gkpb@gmail.com
Ayat Mas Harian
24 Sep 2018
(Ulangan 30:9)
TUHAN, Allahmu, akan melimpahi engkau dengan kebaikan dalam segala pekerjaanmu.
RENUNGAN HARIAN

Nats 1: Mazmur 50: 2-3
Dari Sion, puncak keindahan, Allah tampil bersinar. Allah kita datang dan tidak akan berdiam diri.

Nats 2: Ibrani 1: 1-2
Pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya.

Bacaan Alkitab: Markus 12: 41-44; Pengkhotbah 4: 1-12

Allah Kita Datang

Tentu kita pernah mendengar lagu sekolah minggu yang dinyanyikan oleh anak-anak.
Hai Sion , pembawa kabar baik. Naiklah ke atas ke gunung yang tinggi..hey..hey..hey Hai Sion , pembawa kabar baik. Naiklah keatas ke gunung yang tinggi. Nyaringkan suaramu dengan kuat, nyaringkan suaramu jangan takut Nyaringkan suaramu dengan kuat. Katakan pada dunia: Yesus datang, Yesus datang, Yesus datang dengan kekuatanNya.
Dari lagu ini menyampaikan bahwa dari Sion akan datang Yesus. Hal ini juga disampaikan dalam kedua ayat dalam mazmur 50:2-3 dan Ibrani 1:1-2.

Mazmur 50 adalah Mazmur yang mennyampaikan bagaimana Allah tidak berkenan kepada korban sembelihan yang dipersembahkan kepada Tuhan yang tidak disertai dengan ungkapan syukur. Bahkan meskipun umat mempersembahkan korban-korban kepada Allah namun dalam hidup mereka, mereka tidak mencerminkan hidup yang beriman kepada Allah. Maka dari itu, Mazmur 50-2-3 menyampaikan bahwa Allah kita datang dan Allah tidak akan berdiam diri melihat umatNya yang demikian. Allah datang melalui perantaraan anakNya yaitu Yesus Kristus. Memang pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya. Maka melalui Yesus Kristus, umat mengenal Allah yang benar, melalui Yesus Kristus, umat mengenal Allah yang mau menerima persembahan seseorang ketika diberi dengan penuh keyakinan, ketika memberikan seluruh hidupnya bagi Allah (Markus 12:41-44, tentang seorang janda miskin yang memberi persembahan dari kekurangannya yaitu seluruh nafkahnya, penghidupannya).

Allah kita telah datang dalam diri Yesus Kristus. Melalui Yesus Kristus kita mengenal Allah yang penuh kasih dan kuasa. Melalui Yesus Kristus kita mengenal Allah yang mau menerima persembahan kita yang kita berikan dengan syukur, persembahan kita berupa hidup kita yang memuliakan namaNya.

Doa : Ya Allah, Tuhan Yesus Kristus. Terimakasih telah datang dan berbibara kepada kami mengenai Allah yang penunh kasih dan kuasa, Allah yang menerima persembahan syukur dan hidup kami seutuhnya. Amin.
rabu, 10 Sep 2018 | Oleh: PJD