Sinode
GKPB
RENUNGAN
Sinode GKPB
Gereja Kristen Protestan di Bali
Jl. Raya Kapal No 20, Kapal - Mengwi - Mangupura - Bali
Telp: (0361) 2747624 / 4425362 | Fax: (0361) 4424862 | Email: sinode.gkpb@gmail.com
RENUNGAN HARIAN

Nats 1: Ulangan 30:9
TUHAN, Allahmu, akan melimpahi engkau dengan kebaikan dalam segala pekerjaanmu.

Nats 2: Filipi 2:13
Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.

Bacaan Alkitab: Ibrani 11: 1-7 (8-10); Galatia 1: 1-5

TUHAN sedang Mengerjakan Kebaikan

Tidak ada satu manusiapun di dunia ini yang berharap mendapatkan keburukan, semua manusia mengharapkan kebaikan selalu dalam kehidupannya. Namun, banyak orang keliru dalam memahami ketika sesuatu yang buruk/tidak baik terjadi dalam kehidupannya. Manusia cenderung merasa bahwa, baik kegagalan, masalah, hasil yang tidak baik, adalah sebuah “kegagalan” atau sebuah “hal buruk” yang terjadi dalam kehidupan mereka. Sehingga manusia cenderung menjadi stress, tertekan dan bahkan sampai menyalahkan Tuhan.

Dalam Firman yang Tuhan sampaikan melalui Musa, bangsa Israel di ingatkan, jikalau mereka melakukan kesalahan dalam mengupayakan kehidupan mereka, maka Tuhan pasti akan menghukum mereka, namun hukuman itu bukanlah bentuk dari kebencian Tuhan terhadap mereka, namun maksud Tuhan adalah agar mereka bertobat dan mengakui segenap kesalahan mereka. Jika mereka bertobat dan kembali kepada jalan Tuhan, maka janji Tuhan bahwa Ia akan melimpahkan segala kebaikan dalam setiap pekerjaan umat-Nya. Jika ayat ini dilanjutkan, pelimpahan kebaikan Tuhan itu mencakup kebaikan dalam pekerjaan, buah kandungan, hasil ternak dan hasil bumi. Pelimpahan kebaikan ini hanya akan diperoleh jika umat Tuhan menjadikan hati Tuhan “bergirang” karena kehidupan mereka dalam Tuhan.

Hal ini serupa dengan nasihat Tuhan kepada jemaat di Filipi melalui rasul Paulus. Paulus mengingatkan bahwa Tuhanlah yang bekerja di dalam kehidupan umat-Nya, ini yang sering disalah artikan. Terkadang umat Tuhan berpikir bahwa segala yang ia punya oleh karena kerja keras dan usaha mereka semata, dan dengan demikian membawa seseorang pada kesombongan diri dan rohani. Paulus mengingatkan bahwa apa yang ada dalam kehidupan manusia, itu semua adalah karena Allah bekerja dalam kehidupan mereka. Baik dan buruk, suka dan duka, sedih atau tawa yang dialami oleh umat Tuhan, semua adalah Tuhan pakai untuk mengerjakan kebaikan dalam kehidupan manusia.

Adakah hari ini kehidupan kita tengah dirundung masalah? Adakah hari ini hari kita tengah dilingkupi sukacita? Adakah beban dalam kehidupan kita hari ini yang menekan? Ingatlah semua itu dipakai Tuhan untuk mengerjakan sesuatu yang baik dalam kehidupan kita. Jangan salah jalan, jangan salah mengambil keputusan, dan jangan salah mengambil tindakan. Ijinkan Tuhan bekerja dalam kehidupan kita, maka niscaya kebaikan-Nya akan melimpahi seluruh kehidupan kita.

Doa : Tuhan, bekerjalah dalam kehidupan kami, karna kami tahu, segala pekerjaan Tuhan itu adalah demi kebaikan dalam kehidupan kami dan kami tahu saat ini Engkau sedang mengerjakan kebaikan bagi kami semua. Amin
kamis, 19 Sep 2018 | Oleh: DEAP