Sinode
GKPB
RENUNGAN
Sinode GKPB
Gereja Kristen Protestan di Bali
Jl. Raya Kapal No 20, Kapal - Mengwi - Mangupura - Bali
Telp: (0361) 2747624 / 4425362 | Fax: (0361) 4424862 | Email: sinode.gkpb@gmail.com
Ayat Mas Harian
18 Jun 2019
RENUNGAN HARIAN

Nats 1: Mazmur 69: 6
Ya Allah, Engkau mengetahui kebodohanku, kesalahan-kesalahanku tidak tersembunyi bagi-Mu.

Nats 2: Matius 6: 13
Lepaskanlah kami dari pada yang jahat.

Bacaan Alkitab: Ayub 38: 1-11 & Ayub 42: 1-6; Matius 27: 1-14

Menjauhi kejahatan

Tanpa ada hukum atau peraturan, manusia akan menghadapi problem besar. Hukum diperlukan untuk mengatur berbagai macam kepentingan, melindungi yang lemah dan memberikan keadilan kepada yang berhak. Tanpa hukum, manusia bisa menjadi binatang buas yang menerkam sesamanya sendiri. Tanpa hukum, masyarakat tak bisa dianggap masyarakat melainkan rimba belantara yang
mengabsahkan siapa yang kuat dialah yang menang, dan siapa yang menang dialah penguasa, dan siapa penguasa dialah raja. Ternyata sungguhpun hukum dibuat oleh manusia untuk kepentingan manusia juga, namun hukum seringkali menindas manusia, atau dipakai oleh sekelompok manusia untuk mengatur manusia yang lain demi kepentingan tertentu.

Saudaraku, hal yang demikian akan dapat saja terjadi pada kita maupun kita yang sesungguhnya membuat hal yang mencelakakan. Tuhan mengajarkan kita doa dengan salah satu isinya lepaskan lah kami dari pada yang jahat, dengan maksud agar kita benar mejauhkan hal yang menyakitkan hati Tuhan yang tidak berkenan bagi Tuhan. Sejatinya Tuhan tahu akan setiap kecerobohan kita dan juga kesalahan.
Namun yang terutama apakah kita mau mengakui kesalahan kita?

Mungkin yang perlu kita renungkan bersama adalah peraturan yang Tuhan buat kita harus taat. Sedangkan peraturan yang dibuat secara manusia kita juga perlu taat tetapi yang membuat peraturan itu harus berdasarkan kebijakan, rencana dan program yang sifatnya menolong bukan menindas. Jangan sampai peraturan yang kita buat akan menjadikan sebuah kejahatan bagi orang lain.

Doa : Ya Tuhan, mampukan kami untuk mejauhkan hal yang jahat yang tidak berkenan kepadaMu.
kamis, 08 Apr 2019 | Oleh: KBWU