Sinode
GKPB
NEWS
Sinode GKPB
Gereja Kristen Protestan di Bali
Jl. Raya Kapal No 20, Kapal - Mengwi - Mangupura - Bali
Telp: (0361) 2747624 / 4425362 | Fax: (0361) 4424862 | Email: sinode.gkpb@gmail.com
DATING ONLINE PADA GENERASI STRAWBERRY

Ada tekad yang kuat dari lembaga Kategorial PWDK sebagai salah satu pilar untuk membangun generasi GKPB yang pintar, cerda, tetapi juga kuat. Salah satu program PWDK GKPB untuk menyikapi tekad tersebut adalah melalui acara "Talk Show" yang bertemakan : "Dating Online Pada Generasi Strawberry" dengan Nara sumber seorang psikolog yakni Ibu Wiriana. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 18 February 2023. 

Nara sumber menjelaskan apa yang dimaksud dengan "Dating Online, Generasi Strawberry. Dating Online : kencan secara online menggunakan media digital. Pada dating itu mereka membuat kesepakatan acara bersama, menentukan waktu dan tempat bersama. Dating yang berarti kencan berbeda denga pacaran, karena kencan tidak ikatan yang pasti, tetapi pacaran ada ikatan. 
Generasi Strawberry adalah generasi antara tahun 1981 an sampai sekarang. Generasi ini ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut: glowing, cerdas, pintar, suka yang instan,  tetapi rapuh terhadap tantangan, cepat bosan, suka loncat-loncat, kurang suka membaca, segala sesuatu melihat di google ( sehingga sering pelesetkan, "mereka kuliah di universitas google). 

Dating Online punya dampak negative pada siapa saja terlebih terhadap generasi strawberry. Melalui dating online orang bisa tertipu karena apa yang nampak di medsos tidak sesuai dengan kenyataan. Exploitasi sexual bisa menimpa generasi strawberry. Anak-anak kita secara tidak sadar mungkin telah menjadi incaran predator.  Mungkin mereka dimintai fotonya dengan fose-fose tertentu disertai dengan posthingan alamat. Foto itu bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk tujuan yang membahayakan anak-anak. Masih banyak lagi bahaya lain sebagai dampak pemanfaatan Dating Online yang tidak bertanggung jawab bisa terjadi. Dating online dan juga generasi strawberry tidak bisa kita hindari. Yang bisa kita lakukan adalah menyikapi dengan bijaksana. Sebagai orang tua belajar menjadi dan memposisikan diri sebagai sahabat terhadap anak, karena sebagai sahabat kita lebih dimungkinkan mengontrol prilaku anak termasuk dalam penggunaan gajetnya. Hal yang sangat penting lagi adalah sebagai orang tua kita harus menjadi rule model yang baik bagi anak-anak. Anak-anak kita banyak belajar dan meniru kita. 

Talk Show dengan tema: Dating Online Pada Generasi Strawberry sangat menarik bagi peserta. Hal ini dapat dilihat dari tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta. 
Harapan kita acara ini akan sangat berguna bagi PWDK dalam tekadnya membangun generasi GKPB yang tidak hanya cerdas, pintar, tetapi juga menjadi generasi yang kuat dan tangguh. Generasi yang tangguh menjadikan GKPB tangguh terhadap berbagai tantangan. 

PWDK teruslah maju menjadi pilar yang kuat untuk membangun GKPB agar dapat memberkati semua orang.

Selasa, 21 Feb 2023 | Oleh: admin sinode