Sinode
GKPB
NEWS
Sinode GKPB
Gereja Kristen Protestan di Bali
Jl. Raya Kapal No 20, Kapal - Mengwi - Mangupura - Bali
Telp: (0361) 2747624 / 4425362 | Fax: (0361) 4424862 | Email: sinode.gkpb@gmail.com
Ayat Mas Harian
19 Dec 2018
BERITA GKPB
Kunjugan dari Jepang
kunjugan-dari-jepang

-

rabu, 12 Sep 2018 | Oleh: admin sinode

Raker GKPB 2018

Jumat, 27 Jul 2018 | Oleh: admin sinode

Sharing bersama Vikaris, Mentor dan Pendeta senior GKPB
sharing-bersama-vikaris-mentor-dan-pendeta-senior-gkpb

-

Selasa, 13 Mar 2018 | Oleh: admin sinode

Soft Opening Gedung Baru Kampus Dhyana Pura
soft-opening-gedung-baru-kampus-dhyana-pura

Menjelang akhir 2017, Yayasan Dhyana Pura mewujudnyatakan syukur atas predikat akreditasi “B” Universitas Dhyana Pura (Undhira) dan 30 tahun penyelenggaraan PPLP Dhyana Pura melalui soft opening gedung E Kampus Dhyana Pura, Sabtu (16/12). Penahbisan (pendedekasian – red) gedung baru ini dilakukan oleh pembina, pengurus, dan pengawas Yayasan, serta rektorat Undhira dan direktorat PPLP—dilayani oleh Bishop I Nengah Suama, M.Th. dan Pdt. Dr. I Wayan Damayana, M.Si. Acara syukur atas rampungnya pembangunan gedung ini turut mengundang majelis sinode lengkap, para pendeta, vikaris, dan majelis jemaat di lingkungan GKPB seluruh Bali.

Dalam sambutannya, Bishop Suama berharap dengan bertambahnya sarana/prasarana pembelajaran, sivitas akademika Dhyana Pura semakin meningkatkan komitmennya untuk mewujudkan Tujuh Karakter yang menjadi nilai keteladanan dan keunggulan lembaga ini. Hal tersebut dimulai dengan pondasi kepercayaan diri, integritas, menghargai keberagaman, dan kewirausahaan, serta direalisasikan melalui kepemimpinan yang melayani, profesionalitas, dan mendunia. “Orientasi ke masa depan, penataan kampus yang semakin profesional, dan kemampuan berbicara di tataran internasional adalah wujud nyata dari nilai…

Selasa, 23 Jan 2018 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.AC.ID
Perayaan Natal Pendeta Beserta Keluarga
perayaan-natal-pendeta-beserta-keluarga

-

Senin, 04 Dec 2017 | Oleh: admin sinode

Himpunan Mahasiswa Undhira Gelar Bakti Sosial Peduli Bencana Alam
himpunan-mahasiswa-undhira-gelar-bakti-sosial-peduli-bencana-alam

Bencana alam memang tidak pernah dapat diduga, seperti halnya kegiatan vulkanisnya Gunung Agung di Karangasem yang menimbulkan dampak yang sangat signifikan pada masyarakat sekitar lereng gunung tersebut. Masyarakat harus mengungsi karena potensi Gunung Agung akan meletus dan erupsi. Peningkatan status menjadi “Awas” membuat masyarakat juga menjadi was-was akan keselamatannya. Sedikit tidaknya hampir 100.000 jiwa mengungsi ke 8 Kabupaten yang tersebar di Pulau Bali.

Melihat situasi sulit yang dihadapi masyarakat, relawan mahasiswa Fakultas Ilmu Ekonomika dan Humaniora (FEH) dan Fakultas Ilmu Kesehatan, Sains dan Teknologi (FIKST) yang dikoordinir oleh Organisasi Fungsionaris Mahasiswa Undhira dan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Undhira menggelar kegiatan Bakti Sosial hari Minggu, 1 Oktober 2017 di Desa Nyalian Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari mahasiswa yang telah mengadakan penggalangan dana dan pengumpulan sumbangan yang kemudian disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Desa Banjarangkan kedatangan sebanyak 352 pengungsi yang berasal dari Desa Menanga dan telah berada dipengungsian selama lebih dari seminggu.

Selain memberikan bantuan berupa sembako,…

Selasa, 10 Oct 2017 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.AC.ID
Ceria GKPB 2017
ceria-gkpb-2017

-

Senin, 10 Jul 2017 | Oleh: admin sinode

disunting dari LIPUTAN ACARA
Temu Raya PP Kristiyasa GKPB
temu-raya-pp-kristiyasa-gkpb

-

Senin, 10 Jul 2017 | Oleh: admin sinode

disunting dari PP KRISTIYASA GKPB
Undhira Gelar Forum Internasional Mahasiswa Bertema Servant Leadership
undhira-gelar-forum-internasional-mahasiswa-bertema-servant-leadership

Faktor utama kesuksesan adalah sumber daya manusianya. Sebagai wujud komitmen terhadap pendidikan tinggi dan peningkatan kualitas SDM, Universitas Dhyana Pura dengan serius mengembangkan soft skills dan life skills mahasiswanya melalui pendidikan karakter. Dalam rangkaian Dies Natalis ke-6, Biro Internasional Undhira bekerja sama dengan Program Studi Sastra Inggris menggelar International Student Forum dengan tema “Servant Leadership“, Senin (12/07).
 

            Kepemimpinan yang melayani adalah salah satu dari Tujuh Karakter Undhira yang menjadi tema besar kampus pada tahun 2017 ini. Forum ini dihadiri oleh 125 mahasiswa yang berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa, senat mahasiswa, dan pengurus himpunan mahasiswa seluruh program studi di Undhira serta mahasiswa dari Heilbronn University Jerman yang sedang belajar di Undhira dalam program pertukaran mahasiswa. Uniknya, forum internasional ini dilaksanakan dalam Bahasa Inggris guna meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa Undhira dalam beinteraksi dengan mahasiswa asing.
 

Forum dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. IGB. Rai Utama SE., MMA., MA. Dalam Sambutannya Dr. Rai…

Selasa, 20 Jun 2017 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.AC.ID
Peresmian Gereja Jemaat MERTA URIP, Lukluk
peresmian-gereja-jemaat-merta-urip-lukluk

Bishop Gereja Kristen Protestan di Bali (GKPB) I Nengah Suama dan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Ketua DPRD Badung I Putu Parwata didampingi Wakil Ketua DPRD Badung I Made Sunarta meresmikan Gereja Kristen Protestan di Bali (GKPB) Jemaat "Merta Urip", Lingkungan Dlod Pempatan, Kelurahan Lukluk, Mengwi, ditandai dengan penandatanganan prasasti, Minggu (23/4) lalu. Dalam peresmian tersebut juga dirangkaikan dengan HUT ke-53 GKPB Merta Urip. Bupati Giri Prasta dalam sambutannya mengatakan, pemerintah kabupaten badung bersama DPRD Badung mengapresiasi dan mendukung peresmian GKPB Merta Urip.

Kata Bupati bahwa kerukunan antar umat beragama di Badung sangat berjalan dengan baik dan harmonis. Hal ini tidak terlepas dari peran lembaga Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Badung. Untuk itu Giri Prasta mengajak seluruh umat baik itu Hindu, Islam, Kristen, Budha agar tetap bersatu untuk membangun Badung dan Bali. Bupati menambahkan, Pemkab badung sangat berkomitmen mendukung keberadaan tempat ibadah, salah satunya Gereja. "Apapun kebutuhan dari Gereja agar disampaikan kepada pemerintah, dan kami…

Selasa, 25 Apr 2017 | Oleh: admin sinode

disunting dari BADUNGKAB.GO.ID
Peresmian Gereja Jemaat TIRTA EMPUL Kerobokan Usai Penandatanganan Prasasti serta Tiup Lilin Ultah Ke-45
peresmian-gereja-jemaat-tirta-empul-kerobokan-usai-penandatanganan-prasasti-serta-tiup-lilin-ultah-ke45

Bishop Gereja Kristen Protestan di Bali (GKPB) I Nengah Suama dan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta beserta Ketua DPRD Badung I Putu Parwata meresmikan Gereja Kristen Protestan di Bali (GKPB) Tirta Empul Kerobokan di Banjar Semer yang ditandai dengan penandatanganan Prasasti, Minggu (19/3) lalu. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung, Putu Parwata, Camat Kuta Utara, A.A. Yuyun Hanura Eny, Kabag Humas, Nyoman Sujendra, Lurah Kerobokan Kelod, Klian Dinas di Lingkungan Br. Semer, Majelis Sinode, Pendeta di lingkungan GKPB serta Jemaat Gereja Tirta Empul.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta memberikan apresiasi kepada jemaat Gereja Tirta Empul yang sudah bahu membahu didalam membangun Gereja Tirta Empul sehingga dapat berdiri megah. “Dengan diresmikannya gereja ini saya harapkan jemaat dapat lebih mendekatkan diri dengan Tuhan serta peresmian Gereja ini sebagai momentum untuk meningkatkan tali silaturahmi antar umat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Giri Prasta mengajak jemaat Gereja Tirta Empul untuk…

Selasa, 25 Apr 2017 | Oleh: admin sinode

disunting dari BADUNGKAB.GO.ID
Penahbisan Vikaris ke dalam Jabatan Pendeta & HUT 70 Thn (Jubileum) Jemaat Ambyarsari

kamis, 20 Apr 2017 | Oleh: admin sinode

Launching Bali Buddies
launching-bali-buddies

Kerjasama antara Sekolah Harapan dan Sekolah CHCCS Australia

Video berita pada link berikut ini : Video Berita

Jumat, 31 Mar 2017 | Oleh: admin sinode

disunting dari BALI TV
Pertermuan dengan Chaya Bagi Negeri (CBN)
pertermuan-dengan-chaya-bagi-negeri-cbn

-

Jumat, 03 Mar 2017 | Oleh: admin sinode

PERAYAAN NATAL BERSAMA MPAG KABUPATEN BADUNG
perayaan-natal-bersama-mpag-kabupaten-badung

Supaya Mereka semua menjadi satu, Yohanes 17:21
Tema : Satu untuk semua, semua untuk Satu


Karya Allah yang terbesar adalah di dalam Tuhan kita Yesus Kristus yang datang ke dunia ini untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa. Karya Allah di dalam Kristus yang mengasihi rela berkorban tanpa syarat yang tidak bisa dibatasi oleh ruang dan waktu. Kasih Allah di dalam Kristus untuk semua orang (universal). Kasih Allah inilah, merupakan anugerah terbesar dan terbaik yang terjadi di dalam diri Tuhan kita Yesus Kristus yang menjumpai dan solider terhadap kehidupan umat manusia. Karena itu siapa saja dapat menerima anugerah keselamatan bagi yang bersedia membuka pintu hatinya kepada Allah. Anugerah keselamatan Allah di dalam Kristus adalah tindakan nyata Allah yang tak ternilai dan tak terukur sehingga umat manusia tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. Disinilah peran gereja (kita) untuk mengaktualisasikan – mengimplementasikan kasih Allah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam kehidupan riil. Tentu dalam koridor negara pancasila, UUD…

rabu, 08 Feb 2017 | Oleh: admin sinode

disunting dari DEPTUBIN GKPB
Seminar Pendidikan Kristen untuk Generasi Ke Depan
seminar-pendidikan-kristen-untuk-generasi-ke-depan

Yayasan Tabur Tuai Bali GKPB menyelenggarakan acara seminar yang bertajuk “Seminar Pendidikan Kristen untuk Gerasi Ke Depan”. Seminar ini diselenggarakan selama tiga hari (17 – 19 Januari 2017) yang mengambil tempat di Kantor Sinode GKPB. Acara ini dapat terselenggara karen kerjasama Yayasan Tabur Tuai Bali dan Widre Prebeteryan Church of Korea (Asian Pastoral Forum).

Yayasan Tabur Tuai Bali GKPB menggadeng Asia Pastoral Forum of Korea (APF) dalam seminar ini yang di daulat sebagai narasumber. Disamping narasumber dari Korea antara lain Dr. Kim Kije (ketua APF), Dr. Roh Hyun Wook (bidang pendidikan Kristen), Dr. Choi Jong Hwan (spesialis coaching), Dr. Kim Kiju (konseling Kristen), Dr. Deborah Kim  (spesialis bidang sekolah minggu) adapula Dr K. Waspada (Bishop Emeritus GKPB) dan Dr. Timotius Arifin (gembala senior GBI Rock) juga ambil bagian dalam seminar ini serta Pastor Yosua Zi sebagai penterjemah.

Seminar ini dihadiri oleh kurang lebih 138 peserta yang datang dari berbagai kalangan dan instasi antara lain…

kamis, 26 Jan 2017 | Oleh: admin sinode

disunting dari ADMIN SINODE
Acara Masa Raya HUT Ke 85 GKPB
acara-masa-raya-hut-ke-85-gkpb

HUT Ke - 85 GKPB mengambil tempat perayaan di Blimbingsari. Masa raya dimulai Kamis 10 November 2016 sampai dengan 12 November 2016. Berikut beberapa foto suasana perayaan

Jumat, 18 Nov 2016 | Oleh: admin sinode

Porseni PBKW GKPB
porseni-pbkw-gkpb

Pada tahun ini Porseni Persekutuan Bapak Kristya Winangun (PBKW) Gereja Kristen Protestan di Bali (GKPB) diselenggarakan di Tabanan tepatnya Lapangan RINDAM Tabanan. Acara ini berlangusng selama satu hari penuh yang dimulai pukul 09.00 WITA hari Sabtu 5 November 2016.

Porseni kali ini juga mengundang Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti yang berkesempatan hadir pada hari itu. Acara ini juga diliput oleh Bali TV, adapun video liputannya dapat dilihat pada link berikut Porseni PBKW-GKPB

Selasa, 08 Nov 2016 | Oleh: admin sinode

UNDHIRA Tuan Rumah Konferensi International ACUCA

Sebanyak 71 delegasi dari 39 perguruan tinggi di 10 negara mengikuti konferensi internasional ACUCA yang berlangsung dari Kamis-Minggu, tanggal 13-16 Oktober 2016 di Universitas Dhyana Pura Bali (Undhira). Delapan negara yang terwakili dalam konferensi dwi tahunan ini adalah Jepang, Taiwan, India, Hong Kong, Thailand, Filipina, Korea, Australia, Amerika Serikat, dan Indonesia.
 

Pada konferensi ACUCA yang ke-21 kali ini Undhira dipercaya menjadi tuan rumah,  bekerja sama dengan presidium ACUCA periode 2014-2016 yaitu Universitas Parahyangan Bandung (Unpar). Tema yang diambil dalam pertemuan kali ini adalah spiritualitas lokal dan kehidupan keseharian dalam konteks pendidikan tinggi.
 

Dalam rangkaian kegiatan konferensi ini, dua pembicara utama yaitu Fr. Prof. Dr. Peter C. Phan dari Georgetown University, Amerika Serikat dan Prof. Dr. Bernard Adeney-Risakota dari Indonesian Consortium for Religius Studies di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengajak para pimpinan perguruan tinggi yang hadir untuk lebih mengenal nilai-nilai spiritualitas lokal, dialog antar umat beragama, dan pengembangan karakter yang didalamnya juga termasuk nilai…

Senin, 24 Oct 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.AC.ID
Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Universitas Dhyana Pura Terkreditasi B
program-studi-ilmu-kesehatan-masyarakat-ikm-universitas-dhyana-pura-terkreditasi-b

Setelah adanya Visitasi dari tim Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) yakni dr. Onny Setiani, Ph.D dari Universitas Diponegoro dan Dr. Kholis Ernawati, S.Si, M.Kes ke program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Undhira yakni pada tanggal 14-16 Agustus 2016 maka pada tanggal 6 September 2016, program IKM dinyatakan terakreditasi B.

Hal ini merupakan pencapaian dan proses peningkatan kualitas pendidikan yang bagus dan harus tetap dilanjutkan sesuai dengan visi Undhira menjadi Universitas Teladan dan Unggulan. Demikian sambutan Rektor Undhira Dr. Made Nyandra, SpKJ, M.Repro, FIAS saat visitasi berlangsung. Hasil akreditasi yang diperoleh juga merupakan hasil riil peningkatan mutu program studi baik proses ajar mengajar dan juga penyediaan fasilitas, sarana dan penyelenggraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan dikeluarkannya status akreditasi B untuk program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat ini, masyarakat dan calon mahasiswa tidak perlu ragu  lagi untuk memilih Universitas Dhyana Pura  sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikannya di tingkat perguruan tinggi yang mampu menciptakan sumber daya yang professional di…

Senin, 03 Oct 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.AC.ID
Seminar Tax Amnesty 2016
seminar-tax-amnesty-2016

-

Senin, 26 Sep 2016 | Oleh: admin sinode

Konvent Pendeta 6
konvent-pendeta-6

-

kamis, 22 Sep 2016 | Oleh: admin sinode

Penahbisan Bishop Suama, M.Th
penahbisan-bishop-suama-mth

-

Selasa, 13 Sep 2016 | Oleh: admin sinode

Undhira Yudisium 232 Mahasiswa
undhira-yudisium-232-mahasiswa

Jumat, 26 Agustus 2016, kembali Universitas Dhyana Pura meyudisium 232 mahasiswa dari 13 program studi yang telah terakreditasi. Yudisium dilaksanakan di Aula Kampus Hijau Universitas Dhyana Pura setempat. Acara yudisium ini dihadiri oleh Wakil Rektor 1, Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE., M.MA, MA, Wakil Rektor 2 Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, SE, MA, Dekan Fakultas Ekonomika dan Humaniora, Jaya Pramono, S.Pd, M.Par, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Sains dan Teknologi, dr. Bambang Hadi Kartiko, MARS, para dosen dan pegawai di lingkungan Univesritas Dhyana Pura.

Peserta kegiatan Yudisium yang dilakukan di sore hari ini terdiri dari 139 lulusan dari Fakultas Ekonomika dan Humaniora yakni 96 orang  dari Program Studi Manajemen, 12 orang dari Program Studi Psikologi, 12 orang dari Program Studi Sastra Inggris, 7 orang  dari Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, dan 11 orang dari  Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Sementara itu dari Fakultas Ilmu Kesehatan Sains dan Teknologi kali ini menyudisium 93 lulusan yakni dari 30…

Selasa, 13 Sep 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.AC.ID
Undhira – Kemenristekdikti Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah
undhira--kemenristekdikti-gelar-pelatihan-penulisan-artikel-ilmiah

Dalam upaya untuk mendorong peningkatan mutu pelaksanaan Tri Dharma perguruan Tinggi khususnya dalam hal penelitian dan penulisan karya ilmiah serta dalam rangka meningkatkan motivasi dan kemampuan pesert untuk dapat menulis dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berupa artikel yang berkualitas baik, maka Universitas Dhyana pura bekerja sama dengan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi m,enyelenggarakan “ Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional” di Harris mHotel dan Residence Sunset Road Bali pada tanggal 20 – 30 Juli 2016.

Hadir dalam seminar dan pelatihan tersebut, Rektor Universitas Dhyana Pura, Dr.dr. Made Nyandra, SpKJ, M.Repro, FIAS, Direktiur Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Dr. Sadjuga, M.Sc, Kasubdit Fasilitas dan Publikasi Ilmiah, Aldi Haryadi, Mt, Ketua LP2 M Universits Dhyana Pura, Dra. Adri Supriyati, sekitar 50 dosen yang merupakan para peneliti dari bebrbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Dalam sambutannya Rektor Universiitas Dhyana Pura menyampaikan terimakasih atas pengahargaan dan kepercayaan yanmg diberikan kepada kami sebagai panitia peneyelenggara pelatihan…

Selasa, 16 Aug 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.AC.ID
Serahterima & Pelantikan Sinode GKPB Periode 2016 - 2020
serahterima-and-pelantikan-sinode-gkpb-periode-2016-2020

-

Senin, 15 Aug 2016 | Oleh: admin sinode

Undhira Rayakan Dies Natalis Ke-5
undhira-rayakan-dies-natalis-ke5

UNIVERSITAS Dhyana Pura (Undhira) Bali merayakan dies natalis ke-5, Rabu (20/7) kemarin. Acara ibadah syukur dies natalis ke-5 Undhira itu dihadiri Bhisop GKPB, Pembina, Pengawas dan Pengurus Yayasan Dhyana Pura, Rektor Undhira Dr. dr. Made Nyandra, Sp.KJ., M. Repro., Wakil Rektor I IGB. Rai Utama, S.E., M.MA., M.A., Wakil Rektor II Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, S.E., M.A., Dekan, Direktur PPLP Dhyana Pura, kaprodi, dosen dan mahasiswa. Ibadah syukur dies natalis kali ini diisi dengan renungan oleh Pembina Yayasan Dhyana Pura Bishop Dr. Ketut Waspada, yang menekankan pentingnya kejujuran, saling percaya, dan terbuka atau transparansi.Ketiga hal itu diharapkan mampu menjadi dasar untuk kemajuan Undhira ke depan.

Rektor Undhira Dr. dr. Made Nyandra menyampaikan, di usianya yang ke-5 tahun, begitu banyak berkat Tuhan kepada Undhira. Menghadapi perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat, Undhira berupaya meningkatkan diri, memperbaiki kurikulum, dan mengembangkan sistem pembelajaran agar tidak ketinggalan. Dengan demikian diharapkan visi Undhira sebagai perguruan tinggi telandan dan unggulan menjiwai seluruh…

Senin, 25 Jul 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.AC.ID
Dosen Undhira Diana Erfiani Raih Gelar Doktor
dosen-undhira-diana-erfiani-raih-gelar-doktor

Kembali Dosen Universitas Dhyana Pura  yang bergelar doktor bertambah jumlahnya. Kali ini dosen tetap Undhira di Program Studi Sastra Inggris  Ni Made Diana Erfiani, SS, M.Hum setelah mempertahankan desertasinya pada hari Rabu, 15 Juni 2016, pada Ujian Terbuka Program Doktor, Program Studi Linguistik, Program Pascasarjana, Universitas Udayana. Dengan mempertahankan desertasi yang berjudul “ Penerjemahan Simbol – Simbol Religi pada Kitab Wahyu” dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude.
 

Diana Erfiani dinyatakan sebagai Doktor Linguistik dengan promotor Prof. Dr. Drs. Ida Bagus Putra Yadnya, MA.  Dalam Ujian terbuka kemarin yang menjadi tim penguji adalah Prof. Dr. I Nengah Sudipa, MA, Ida Ayu Made Puspani, M.Hum, Prof. Dr. Ni  Nyoman Padma Dewi, MA, Prof. Dr N L Sutjiati Beratha, MA, Prof Dr. Aron Meko Mbete, Prof.Dr I Wayan Simpen, M.Hum dan Prof. Drs. Ketut Artawa, MA.Ph.D.
 

Dalam desertasinya Diana Erfiani menyatakan simbol sebagai salah satu  dari tiga jenis bahasa kiasan yang populer pada hampir semua jenis bahasa memiliki peran yang…

Senin, 25 Jul 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.AC.ID
Dies Natalis Undhira V dan Hari Gizi Nasional Undhira Gelar Gerak Jalan Sehat
dies-natalis-undhira-v-dan-hari-gizi-nasional-undhira-gelar-gerak-jalan-sehat

Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke 56 tahun 2016, dan dirangkai dengan kegiatan Dies Natalis V, Universitas Dhyana Pura Bali menggelar Gerak jalan sehat dan pemberdayaan sarapan pagi. Jalan sehat yang diikuti oleh sekita 2000 peserta ini diselenggarakan pada hari sabtu, 28 Mei 2016.  Jalan sehat ini menempuh rute sekitar 6 km tersebut dilepas oleh Ketua DPRD Badung Dr. Putu Parwata, MM  didampingi oleh Camat Kuta Utara, Dra. AA.Putu Yuyun Hanura Emy, MSc, Ketua Yayasan Dhyana Pura, Dr. I Wayan Damayana S.Th, M.Si, didampingi oleh Rektor Undhira Dr.dr. Made Nyandra, Sp.KJ., M.Repro, Wakil Rektor I Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE., M.MA, MA, Wakil Rektor II, Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, SE, MA. Hadir sebagai peserta dalam kegiatan jalan sehat ini yakni dosen dan pegawai berserta keluarga, mahasiswa, siswa SMA/SMK yang berada dii seputaran Dalung dan juga warga sekitar.

Rektor Made Nyandra menyampaikan selain ikut berpartisipasi dalam kegiatan menyehatkan masyarakat dalam memperingati Hari Gizi Nasional…

Jumat, 17 Jun 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.AC.ID
Mission Trip Yayasan Tabur Tuai Bali Goes to Kupang
mission-trip-yayasan-tabur-tuai-bali-goes-to-kupang

-

rabu, 08 Jun 2016 | Oleh: admin sinode

Undhira Raih Mahasiswa Berprestasi Tingkat Kopertis wilayah VIII
undhira-raih-mahasiswa-berprestasi-tingkat-kopertis-wilayah-viii

Universitas Dhyana Pura (Undhira Bali) dengan visi menjadi Universitas Teladan dan Unggulan kembali menelorkan prestasi di Tingkat Kopertis Wilayah VIII. Kali ini prestasi yang dicapai adalah Juara II  Mahsiswa berprestasi atas nama Ni Luh Wahyu Suryantini dari Program Studi Sastra Inggris.
 

Pemilihan dan Penetapan Mahasiswa/i berprestasi dilaksanakan setiap tahun di tingkat Koperstis dalam rangka mendorong mahasiswa dalam meningkatkan mutu, ketrampilan dan sikap ilmiah serta berjiwa Pancasila demikian penekanan dari Kopertis Wilayah VIII Prof DR. drs.I Nengah Dasi Astawa, M.Si.
 

Rektor Universitas Dhyana Pura, Dr.dr Made Nyandra, SpKJ., M.Repro, FIAS  memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas prestasi yang dicapai oleh salah satu Mahasiswa Undhira ini, yang telah berjerih lelah sehingga mampu meraih juara II sebagai  mahasiswa berprestasi di tingkat Kopertis wilayah VIII. Hal ini juga meunjukkan bahwa mahasiswa Undhira telah mampu bersaing untuk mengukir prestasi dan juga dalam hal menulis karya ilmih. Biarlah prestasi Ni Luh Wahyu Suryantini ini juga akan mendorong mahasiswa/i Undhira lainnya untuk…

Senin, 30 May 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.AC.ID
Undhira Jalin Kerjasama dengan Jeounju University Korea Memberi Beasiswa dan Peluang untuk Training dan Bekerja
undhira-jalin-kerjasama-dengan-jeounju-university-korea-memberi-beasiswa-dan-peluang-untuk-training-dan-bekerja

Universitas Dhyana Pura (Undhira) Bali kembali melakukan penandatanganan MoU. dengan Universitas Jeounju University Korea pada hari Jumat, 13 Mei 2016. Penandatanganan ini dilakukan di Kampus Hijau Universitas Dhyana Pura, yang dihadiri oleh Rektor Universitas Dhyana Pura, Dr, dr. Made Nyandra, SpKJ, M.Repro, Wakil Rektor 2 Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, SE, MA. Dari Korea hadir Ko Sun Woa, Phd, Dekan Internasional Affairs Jeounju Univesrity, Christ Chang selaku Director of Indonesian Korean Cltural Studies. Hadir juga dalam kunjungan dan penandatangan MoU ini para Dosen dan mahasiswa yang masuk dalam kelas Internasional untuk bersama-sama juga mendengar sosialisasi dari Jeounju University.
 

Kedua Universitas sepakat mengadakan MoU dalam penyediaan Beasiswa bagi mahasiswa mahasiswi yang hendak melanjutkan pendidikan di luar negeri khususnya di Korea. Lebih jelas dalam sosialisasinya, Mr. Ko Sun Woa menyatakan bahwa Jeounju University memberikan beasiswa untuk menempuh pendidikan di  Korea dengan syarat mampu berbahasa Korea dan bahasa Inggris. Ini merupakan peluang yang bagus juga bagi mahasiswa Undhira untuk lebih mengembangkan…

Selasa, 24 May 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.AC.ID
Sidang Umum XIII PW GKPB DIAN KRISTAWATI
sidang-umum-xiii-pw-gkpb-dian-kristawati

-

Senin, 09 May 2016 | Oleh: admin sinode

Pertemuan Gereja-Gereja Mitra EMS
pertemuan-gerejagereja-mitra-ems

-

kamis, 28 Apr 2016 | Oleh: admin sinode

Undhira Tuan Rumah Sosialisasi SEAMOLEC – AIC Di hadiri PTN dan PTS di Bali
undhira-tuan-rumah-sosialisasi-seamolec--aic-di-hadiri-ptn-dan-pts-di-bali

Universitas Dhyana Pura (UNDHIRA) Bali di kunjungi oleh SEAMOLEC – AIC (Southeast Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre). Kamis (17/3) kemarin. Kedatangan SEAMOLEC dalam rangka mensosialisasikan program kerjasama khususnya di Bali.

Seminar sosialisasi itu dihadiri Koordinator Kopertis Wilayah VIII Prof. Nengah Dasi Astawa, pimpinan PTN dan PTS di Bali, Rektor Undhira Dr. dr. Made Nyandra, Ketua Yayasan Dhyana Pura Dr. I Wayan Damayana, Para Wakil Rektor, Dekan FIKST, Dekan FEH, Kaprodi di lingkungan Universitas Dhyana Pura.

Seminar ini menghadirkan pembicara Dr. H.K. Prihartono Ah., Drs., S.Sos., S.Kom., MM. selaku The President of AIC Indonesia dan juga Mr. Christ Chang, BSc President of Indonesia – Korea Culture and Study.
 

Rektor Undhira Dr. dr. Made Nyandra menyampaikan terima kasih, karena Universitas Dhyana Pura dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara sosialisasi SEAMOLEC – AIC. Acara ini di stimulus oleh Dr. H.K. Prihartono Ah., The President of AIC Indonesia setelah diadakannya Internasional…

Selasa, 29 Mar 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.CO.ID
Universitas Dhyana Pura Gelar Kuliah Umum Karakter tentang Inkubator Wirausaha
universitas-dhyana-pura-gelar-kuliah-umum-karakter-tentang-inkubator-wirausaha

Universitas Dhyana Pura mengawali tahun 2016 dengan menggelar kuliah umum tentang pendididkan karakter pada hari Rabu, 3 Pebruari 2016. Kuliah umum yang bertemakan “Model Penciptaan Wirausaha Muda Pemula melalui Inkubator Wirausaha” dengan narasumber Sayu Ketut Sutrisna Dewi, SE, MM, Ak, Ketua Inkubator Bisnis Universitas Udayana. Seminar tersebut diikuti oleh sekitar 300 orang mahasiswa dari 13 program studi yang ada di Universitas Dhyana Pura yang kini telah terakreditasi didampingi oleh para Kepala Program Studi yang ada di masing –masing jurusan . Seminar ini Juga dihadiri oleh Rektor Universitas Dhyana Pura, Dr.dr. Made Nyandra, SpKJ, M.Repro, FIAS, Wakil Rektor I, Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE.,M.MA, MA, Kepala Lembaga Pembelajaran Karakter, Rahmadi Prasetyo, ST.MT dan juga para dosen di lingkungan Universitas Dhyana Pura.

Dalam sambutannya yang sekaligus membuka kuliah umum, Rektor Undhira menyampaikan ‘Undhira selalu mengkhususkan hari rabu sebagai Hari Karakter dimana dalam satu hari tersebut tidak ada perkuliahan rutin seperti biasa namun dikemas dalam bentuk seminar atau kuliah…

Senin, 14 Mar 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.CO.ID
Convocation Haggai Institute
convocation-haggai-institute

Acara yang berlansung pada tanggal 16 Februari 2016 sampai dengan 20 Februari 2016 ini mengambil tempat di Wisma Nagun Kerti, Pancasari - Bedugul. Selamat kepada para pendeta & vikaris yang telah lulus dalam seminar tersebut.

Senin, 22 Feb 2016 | Oleh: admin sinode

Sosialisasi Program Yayasan Maha Bhoga Marga (MBM)
sosialisasi-program-yayasan-maha-bhoga-marga-mbm

-

Senin, 15 Feb 2016 | Oleh: admin sinode

Universitas Dhyana Pura Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2016/2017
universitas-dhyana-pura-buka-pendaftaran-mahasiswa-baru-tahun-ajaran-20162017

Rabu, 20 Januari 2015 kemarin Undhira secara resmi membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk Tahun Ajaran 2016/2017. Undhira yang kini memiliki 13 program studi dan program pelatihan pariwisata siap untuk menerima para generasi muda yang sebentar lagi akan menyelesaikan pendidikannya di sekolah menengah atas dan kejuruan.

Rektor Universitas Dhyana Pura Dr.dr. Made Nyandra, Sp.KJ.,M.Repro.,FIAS menyampaikan bahwa tahun ini Undhira siap bersaing dalam memberikan pelayanan pendididikan yang berkualitas untuk mewujudkan visi menjadi Universitas Teladan dan Unggulan. Undhira yang kini telah memiliki 7 jurusan dengan 13 program studi yang telah terakreditasi yakni jurusan Manajemen dan Bisnis dengan program studi Manajemen dan program studi Manajemen Pemasaran, Jurusan Psikologi dengan program studi Psikologi, jurusan Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan program studi PKK dan program studi PG PAUD, jurusan Sastra Inggris dengan program studi Sastra Inggris, jurusan Bioteknologi dengan program studi Biologi, Jurusan Komputer dengan program studi Sistem Informasi dan program studi Teknik Informasi dan jurusan Kesehatan dengan program studi Fisioterapi, program studi Rekam…

Jumat, 29 Jan 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRA BALI
Gathering Penginjil GKPB
gathering-penginjil-gkpb

-

rabu, 27 Jan 2016 | Oleh: admin sinode

Microsoft Bersama Prodi Teknik Informatika Undhira Gelar Seminar Sosialisasi “Imagine Cup 2016”
microsoft-bersama-prodi-teknik-informatika-undhira-gelar-seminar-sosialisasi-imagine-cup-2016

Universitas Dhyana Pura (Undhira) Bali bekerjasama dengan Microsoft Indonesia menggelar seminar dalam rangka roadshow sosialisasi Imagine Cup 2016, Rabu, 16 Desember 2015. Tim dari Microsoft Indonesia langsung datang ke Undhira dengan maksud menyelenggarakan seminar tersebut. Kedatangan tim dari Microsoft Indonesia itu di sambut oleh Wakil Rektor I Undhira Dr. I Gusti Bagus Rai Utama S.E., M.MA., M.A., Kepala Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Undhira Gerson Feoh, S.Kom., MT dan sekitar 150 orang mahasiswa dari Prodi Teknik Informatika, Prodi Sistem Informasi, dan Prodi Perekam Informasi Kesehatan Undhira.

Wakil Rektor I Undhira Dr. I Gusti Bagus Rai Utama menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Microsoft Indonesia ke Undhira. Ia berharap nantinya setelah mengikuti seminar ini mahasiswa tidak hanya sebagai konsumen saja dalam teknologi, tetapi mampu dan dapat menjadi produsen dengan inovasi-inovasi baru di bidang teknologi informasi.

Acara ini menampilkan pembicara dari Technical Evangelist Microsoft Indonesia, Bapak Irvine Hutagalung. Roadshow imagine diadakan dalam rangka sosialisasi mengenai global student technology competition,…

kamis, 14 Jan 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.CO.ID
Konven Pendeta 4
konven-pendeta-4

Senin 23 November 2015 seluruh pendeta & vikaris GKPB berkumpul di kantor Sinode GKPB untuk mengikuti Konven Pendeta 4 kurang lebih 81 orang yang hadir. Agenda utama dalam konven pendeta kali ini adalah menentukan bakal calon ketua Sinode GKPB (Bishop) untuk masa jabatan 2016 – 2020. Selain itu juga terdapat sharing dari narasumber yaitu  Pdt. Retno Ratih Suryaning Handayani, M.Th, MA sharing mengenai kesejahteraan pendeta serta I Nengah Wahjudi Dhwi santosa, ST. sharing mengenai Healing Room. Peserta konven sangat antusias dalam mengikuti acara sharing dari dua narasumber, hal ini terlihat dengan tiga kali sesi diskusi yang dibuka pada acara tersebut.

Meskipun cuaca cukup panas seluruh peserta tetap duduk pada kursi mereka masing – masing hingga tibalah pada agenda utama pada konven pedeta kemarin. Peserta yang memiliki hak suara memberikan suaranya kepada mereka yang dianggap berhak atau layak menjadi bakal calon ketua Sinode GKPB (Bishop). Akhirnya tiga nama pun muncul berdasarkan suara terbanyak yang diperoleh dari peserta konven…

Selasa, 01 Dec 2015 | Oleh: admin sinode

Sosialisasi Peraturan GKPB serta Jenjang Karir Pendeta dan Tipe Jemaat Wilayah Bali Barat
sosialisasi-peraturan-gkpb-serta-jenjang-karir-pendeta-dan-tipe-jemaat-wilayah-bali-barat

Agenda sosialisasi untuk wilayah Bali Barat dipilih pada Jumat 13 Nopember 2015 pukul 19.30 WITA. Jemaat “Mandira Santi” Negara dipilih sebagai tuan rumah untuk sosialisasi wilayah Bali Barat. Sama seperti sosialisasi di wilayah – wilayah lainnya sosialisasi ini bertujuan untuk mengumpulkan masukan – masukan dari jemaat untuk wilayah Bali Barat. Adapun jumlah peserta yang hadir pada sosialisasi kali ini adalah 47 orang yang merupakan majelis harian jemaat – jemaat.

Dalam pemaparan materi sosialisasi tim juga mengundang Pdt. Putu Yosia Yogiartha, ST., M.Th. karena ia merupakan salah tim jenjang karir pendeta dan tipe jemaat.  Sesi diskusi terbagi menjadi tiga termin karena cukup banyak peserta yang ingin memberikan masukan atau bertanya seputar materi sosialisasi.

Tim Editor: Dewa Nyoman Sudarta
Photo: Heru Cahyono

Selasa, 01 Dec 2015 | Oleh: admin sinode

Pemberkatan & Peresmian Gedung Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak di Cica
pemberkatan-and-peresmian-gedung-lembaga-kesejahteraan-sosial-anak-di-cica

-

Selasa, 01 Dec 2015 | Oleh: admin sinode

Sosialiasasi Peraturan GKPB serta Jenjang Karir Pendeta dan Tipe Jemaat di wilayah Buleleng
sosialiasasi-peraturan-gkpb-serta-jenjang-karir-pendeta-dan-tipe-jemaat-di-wilayah-buleleng

Sosialisasi peraturan GKPB serta Jenjang Karir Pendeta dan Tipe Jemaat untuk wilayah Buleleng diselenggarakan pada Jumat, 6 Nopember 2015 dan bertempat di GKPB Jemaat “Sabda Bayu” Singaraja. Adapun peraturan yang disosialisasikan oleh MSH dan Tim adalah peraturan GKPB nomor 1 sampai 8 yaitu peraturan tentang sakramen, perkawinan, pemakaman, pendisiplinan, jabatan gerejawi, persidangan, konvent pendeta, usulan calon lembaga serta Jenjang Karir Pendeta dan Tipe Jemaat berikut dengan contoh dan cara pengisiannya.

Sama seperti sosialisasi sebelumnya tujuannya untuk memperkenalkan kepada seluruh jemaat dan menampung setiap masukan dari warga jemaat. Setelah MSH dan tim selesai memaparkan materi sosialisasi banyak peserta yang ingin mengajukan pertanyaan – pertanyaan dan juga mengajukan usulan atau masukan kepada MSH dan tim.

Jumlah peserta yang hadir sebanyak 36 orang  karena di hari yang sama juga diadakan rapat untuk perayaan HUT GKPB di wilayah Buleleng namun dilokasi yang berbeda. Sesi diskusi dibuka sebanyak tiga kali, karena respon peserta yang cukup banyak untuk sosialisasi kali…

Jumat, 13 Nov 2015 | Oleh: admin sinode

Sosialiasasi Peraturan GKPB serta Jenjang Karir Pendeta dan Tipe Jemaat di wilayah Gianyar
sosialiasasi-peraturan-gkpb-serta-jenjang-karir-pendeta-dan-tipe-jemaat-di-wilayah-gianyar

Kali ini sosialisasi peraturan GKPB serta Jejang Karri Pendeta dan Tipe Jemaat untuk wilayah Bali Timur & Bali Timur Laut mengambil tempat di GKPB “Margi Kahuripan” Gianyar pada Jumat, 30 Oktober 2015. MSH dan Tim tiba di Gianyar kurang lebih pukul 18.00 WITA. Peserta yang hadir pada sosialisasi kali ini sebanyak 24 orang dari perwakilan Jemaat & BPI untuk wilayah Bali Timur & Timur. MSH dan Tim juga mengundang Pdt. I Nyoman Yohanes, M.Th selaku tim untuk penggagas indikator – indikator dalam menentukan Tipe suatu jemaat.

Materi dipaparkan secara singkat dan jelas oleh MSH dan Tim agar mendapat lebih banyak waktu untuk berdiskusi bersama dengan peserta hadir saat itu. Ketika kesempatan diskusi dibuka,  banyak peserta yang ingin bertanya ataupun memberikan masukan – masukan kepada MSH dan Tim.   


Tim Editor

I Dewa Nyoman Sudarta, SE
Made Kertiyana, SH

Jumat, 13 Nov 2015 | Oleh: admin sinode

Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Undhira Menggelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Batuan Sukawati Gianyar
program-studi-pendidikan-kesejahteraan-keluarga-undhira-menggelar-kegiatan-pengabdian-masyarakat-di-batuan-sukawati-gianyar

Minggu, 25 Oktober 2015 Undhira khususnya program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kembali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di kabupaten Gianyar tepatnya di desa Batuan Sukawati. Dalam pengabdian masyarakat kali ini, tema yang diangkat adalah pelatihan pembuatan kue yang nantinya diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masing-masing rumah tangga baik untuk dikonsumsi maupun untuk sarana persembahyangan maupun untuk dijual sehingga mampu membantu keuangan keluarga.
 

Adapun yang menjadi peserta dalam pengabdian masyarakat ini adalah ibu-ibu PKK di desa  Batuan Gianyar yakni sekitar 47 orang. Hadir dalam pelatihan tersebut Ketua program studi PKK dra. Ni Made Erpia Ordani, M.Pd, Perbekel Batuan, I Nyoman Netra, para dosen di lingkungan program studi PKK, dan juga para mahasiswa.
 

Dalam sambutannya Ketua Program Studi PKK menyatakan terimakasih atas kesempatan yang sudah diberikan oleh desa dengan mendapat dukungan dari warga masyarakat khususnya ibu-ibu PKK mulai dari perencanaan hingga terselenggaranya kegiatan ini. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Pergurun Tinggi…

kamis, 12 Nov 2015 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRA BALI
Undhira Bali Gelar Workshop Kurikulum KKNI DAN Sosialisasi Pakerti Dan Metode Pembelajaran Modern (e- Learning)
undhira-bali-gelar-workshop-kurikulum-kkni-dan-sosialisasi-pakerti-dan-metode-pembelajaran-modern-e-learning

Minggu, 25 Oktober 2015 Undhira khususnya program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kembali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di kabupaten Gianyar tepatnya di desa Batuan Sukawati. Dalam pengabdian masyarakat kali ini, tema yang diangkat adalah pelatihan pembuatan kue yang nantinya diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masing-masing rumah tangga baik untuk dikonsumsi maupun untuk sarana persembahyangan maupun untuk dijual sehingga mampu membantu keuangan keluarga.
 

Adapun yang menjadi peserta dalam pengabdian masyarakat ini adalah ibu-ibu PKK di desa  Batuan Gianyar yakni sekitar 47 orang. Hadir dalam pelatihan tersebut Ketua program studi PKK dra. Ni Made Erpia Ordani, M.Pd, Perbekel Batuan, I Nyoman Netra, para dosen di lingkungan program studi PKK, dan juga para mahasiswa.
 

Dalam sambutannya Ketua Program Studi PKK menyatakan terimakasih atas kesempatan yang sudah diberikan oleh desa dengan mendapat dukungan dari warga masyarakat khususnya ibu-ibu PKK mulai dari perencanaan hingga terselenggaranya kegiatan ini. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Pergurun Tinggi…

kamis, 12 Nov 2015 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRA BALI
Pementasan Sendratari Perdamaian Pada Pembukaan Konvensi EE Indonesia
pementasan-sendratari-perdamaian-pada-pembukaan-konvensi-ee-indonesia

Divya Perdhana Bhakti Gereja Kristen Protestan di Bali (GKPB) berkesempatan untuk mengisi acara dalam pembukaan Konvensi EE Indonesia Selasa, 3 Nopember 2015 di Goodway Hotel & Resort Nusa Dua. Divya Perdhana Bhakti bersama tim seni anak-anak  SMAK Harapan Denpasar mengisi dengan dua buah tarian yaitu Tari Pendet dan Sendratari Perdamaian.

Adapun sendratari perdamaian yang dipentaskan berdasarkan Firman Tuhan dalam alkitab yaitu Matius 5 : 9 “Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah”. Kisah yang diceritakan dalam sendratari ini mengenai manusia mula-mula yang telah jatuh kedalam dosa penuh dengan benci, kekejaman, dll yang mendapatkan anugerah penebusan dosa dari Allah yang maha pengasih melalui pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib sehingga manusia dapat kembali hidup dengan kasih sehingga dapat mengabarkan injil atau berita sukacita tersebut kepada seluruh umat.

Tim Editor
I Dewa Nyoman Sudarta, SE

Senin, 09 Nov 2015 | Oleh: admin sinode

Pembukaan Konvensi EE Indonesia
pembukaan-konvensi-ee-indonesia

Konvesi Evangelism  Explotion (EE) Indonesia dibuka Selasa, 3 Nopember 2015. Konvensi EE Indonesia berlangsung selama tiga hari yaitu tanggal 3 – 6 Nopember 2015 di Goodway Hotel & resort Nusa Dua. Ratusan perserta hadir dan  menyaksikan acara pembukaan Konvensi EE Indonesia. Peserta yang hadir  datang dari berbagai daerah di Indonesia antara lain Bali, Maluku, NTT, Irian Jaya, Sumatera, Sulawesi. Selain peserta dari Indonesia, hadir pula peserta dari luar negeri seperti China, Singapore, Afrika.  dalam acara  ini tampak hadir pula Vice President  EE Internasional Mr. Richard Harvey.

Ketua Sinode GKPB Bishop Dr. Ketut Waspada dalam sambutannya pada acara pembukaan EE menyampaikan rasa sukacita yang mendalam  atas perjalanan serta perkembangan EE di Indonesia, dan khususnya di Bali. “pada kesempatan saya merasa malu karena saya tidak banyak terlibat dalam persiapan acara ini mengingat padatnya kegiatan-kegian lainnya” katanya. Namun, Bishop berharap konvensi dapat berlangsung lancar sehingga nantinya nama Tuhan akan makin dikenal orang,  khusunya rakyat Indonesia.

Tim Editor

Senin, 09 Nov 2015 | Oleh: admin sinode

Kantor Pusat PT. BPR Maha Bhoga Marga Diresmikan
kantor-pusat-pt-bpr-maha-bhoga-marga-diresmikan

PT. Bank BPR Maha Moga Marga sekarang ini memiliki kantor pusat baru yang berlokasi di Jalan Raya Abianbase No 7, sekitar 200 meter disebelah selatan RSUD Mangusada Badung. Sejak berdirinya kantor pusat PT. BPR MBM sebelumnya berlokasi di Jalan Raya Kapal No 20.

Kantor pusat yang baru ini memliki luas area 3,35 are,  gedung baru berlantai dua yang megah, ruang kantor bersih, pelayanan yang nyaman  dan  area parkir yang luas. Kantor pusat ini  diresmikan oleh Ketua Sinode GKPB Bishop DR. Ketut Siaga Waspada bersama Sekum Pdt. I Nengah Suama, M.Th dan Bendahara I Gusti Ketut Mustika, S.Sos., MM berserta para Sekdep & Sekbid dilingkungan GKPB. Selain di hadiri oleh para pejabat di lingkungan GKPB tampak hadir pula ketua OJK Bali, Perindo Bali dan beberapa undangan dari BPR lainnya.

Dengan lokasi kantor pusat yang baru PT. BPR MBM diharapkan dapat dikenal secara lebih luas oleh masyarakat khususnya Abianbase dan sekitarnya, sehingga dapat memberikan pelayanan dengan…

Senin, 09 Nov 2015 | Oleh: admin sinode

Penyuluhan & Periksa Gratis oleh TIM Kesehatan Yayasan Maha Bhoga Marga (MBM)
penyuluhan-and-periksa-gratis-oleh-tim-kesehatan-yayasan-maha-bhoga-marga-mbm

Minggu 1 Nopember 2015, dalam rangka HUT GKPB yang ke 84, Yayasan Maha Bhoga Marga mengadakan penyuluhan mengenai BPJS dan gejala dan bahaya penyakit Diabetes serta memberikan pemeriksaan darah gratis. Kali ini GKPB Jemaat "Alif & Ya" Bongan yang didatangi oleh Tim Kesehatan MBM. Ibu dr. Debora Murthy sebagai ketua Tim menyampaikan dengan gamblang mengenai bagaimana prosedur yang benar mengenai pemakaian BPJS agar setiap warga jemaat khusus mendapatkan pengobatan yang cepat & tepat dari pihak faskes maupun rumah sakit terkait. 

Selain penyuluhan mengenai BPJS Tim Kesehatan MBM juga memaparkan mengenai gejala & bahaya penyakit diabetes. Banyak contoh kasus yang disampaikan oleh dalam penjelasan yang disampaikan. Untuk itu Tim Kesehatan MBM juga memberikan jasa pemeriksaan gratis bagi warga jemaat yang ingin memeriksakan diri apakah mengidap gejala diabetes atau bahkan sudah positif, agar dapat ditanggulangi dengan lebih cepat. Respon dari warga jemmat pun sangat positif banyak warga yang ingin memeriksakan diri mereka. Mereka rela mengatri agar untuk menunggu giliran…

Senin, 02 Nov 2015 | Oleh: admin sinode

FunBike 2015 PBKW
funbike-2015-pbkw

Puji Tuhan ...
Gelaran Fun Bike 2015 PBKW GKPB sudah berlangsung dengan sukses. 340 pesepeda dari seluruh PBKW se Bali telah mengikuti kegiatan ini.
Semua bersukacita dan saling memberkati, termasuk mendoakan rute yg dilalui.
Terima kasih rekan2 PBKW se Bali, seluruh sponsor yg mendukung diantaranya MSH GKPB, Jemaat GKPB Bongan, Jemaat GKPB Tibubiu :

1. CIS Bali
2. BIMS
3. BPR Christy
4. CV. Advent
5. DaSa Contractor
6. Bintang Timur Contractor
7. PT. Mulia Agung Serasi
8. Tri Atma Jaya Mapindo
9. Wisma Nangun Kerti
10. UNDHIRA
11. Adrian Pratama
12. PWDK GKPB
13. Man Antha Konveksi
14. Made Ferry Motor
15. Yamaha WAJA
16. Nissan Motor Dps
17. Desa Adat dan Dinas Tibu Biu
18. Desa Bongan
19. Bp Gusti Daniel
20. Bp Wy Sudarma
21.…

Senin, 02 Nov 2015 | Oleh: admin sinode

disunting dari BPK. DAVID W. SAPUTRA
sosialisasi peraturan gkpb dan jenjang karir pendeta & tipe jemaat wilayah tabanan
sosialisasi-peraturan-gkpb-dan-jenjang-karir-pendeta-and-tipe-jemaat-wilayah-tabanan

Jumat 23 Oktober 2015, MSH bersama tim kembali megnadakan sosialisasi mengenai peraturan serta jenjang karir & tipe jemaat di wilayah Tabanan. Acara sosialisasi ini dimulai kurang lebih pukul 15.00 Wita atau jam 3 sore. Cukup banyak peserta yang hadir pada sosialisasi dan acaranya pun berjalan dengan lancar. Respon yang diberikan oleh perseta perwakilan dari jemaat pun lumayak banyak. Ini terbukti dari sampai dibukanyan 3 termin dalam sesi diskusi.

kamis, 29 Oct 2015 | Oleh: admin sinode

Sosialisasi peraturan GKPB dan jenjang karir pendeta & tipe jemaat wilayah badung dan kota
sosialisasi-peraturan-gkpb-dan-jenjang-karir-pendeta-and-tipe-jemaat-wilayah-badung-dan-kota

Jumat, 16 Oktober 2015 MSH Sinode beserta Tim Peraturan dan Tim Jenjang Karir & Tipe Jemaat mengadakan sosialisai ke jemaat-jemaat untuk yang pertama kalinya yang mengambil tempat di GKPB Jemaat “Tirta Empul” Kerobokan. Sosialisasi ini dimulai pada pukul 19.30 WITA dan mengundang jemaat-jemaat di 3 wilayah sekaligus yaitu Badung Utara, Badung Selatan dan Kota Denpasar. Respon kehadiran dari jemaat pun sangat baik ini terbukti dengan jumlah peserta yang hadir kurang lebih 122 orang.

Sosialisasi ini dimoderatori oleh Pdt. I Nengah Suama, M.Th (Sekum GKPB) yang memaparkan draft peraturan kepada peserta sedangkan untuk pemaparan mengenai jenjang karir pendeta & tipe jemaat yaitu Pdt. I Nyoman Agustinus, M.Th (sebagai koordinator) beserta Pdt. Dr. I Nengah Ripa. Antusias peserta pun sangat baik dalam menanggapi sosialisasi terlihat dengan banyaknya peserta yang ingin mengajukan pertanyaan-pertanyaan atau pun memberikan masukan-masukan kepada tim. Namun karena keterbatasan waktu yang ada sesi tanya jawab ini pun harus ditutup hanya setelah sesi pertama selesai.

Senin, 19 Oct 2015 | Oleh: admin sinode

Temu Raya Persekutuan Wanita GKPB Dian Kristawati
temu-raya-persekutuan-wanita-gkpb-dian-kristawati

Sabtu, 14 Oktober 2015 Persekutuan Wanita Dia Kristawati (PWDK) Gereja Kristen Protestan di Bali mengadakan Temu Raya. Tempat acara ini diselenggarakan di Kampus Universitas Dhyana Pura Bali. Acara dimulai pada pukul 09.00 WITA pagi sampai dengan kurang lebih pukul 13.00 WITA.

Jumat, 16 Oct 2015 | Oleh: admin sinode

29th International Work Camp of St Andrew’s University
29th-international-work-camp-of-st-andrews-university

Internasional Work Camp dari St Andrew Universitas Osaka Jepang, telah diadakan selama liburan musim panas mahasiswa dari 18 Agustus-4 September 2015 di rumah anak Widhya Asih Blimbingsari dan Melaya. Kerja sukarela tahunan ini membawa 20 siswa dari berbagai fakultas di Universitas St Andrews bersama dengan 4 siswa dari Undhira, disertai dengan 4 staf menghabiskan hampir 17 hari di Bali untuk membantu dan mendukung Widhya Asih merawat anak memerangi memiskinkan. Melanjutkan proyek tahun lalu yaitu membuat dinding beton di sisi sungai rumah anak Melaya, tahun ini mereka meneruskan dinding tersebut yang bertujuan untuk memberikan perlindungan yang aman untuk semua orang yang tinggal di dalam rumah anak-anak. Karena kami percaya dengan membangun pagar garis dinding, anak-anak akan aman dari kemungkinan tindakan kriminal luar dan juga tingkat pencurian akan menurun.

Proyek ini dipilih karena Widhya Asih 5 di Melaya memiliki wilayah yang luas. 50% - nya berisi bangunan dan sisanya digunakan untuk pertanian & peternakan. Sayangnya sampai saat ini kawasan…

Senin, 12 Oct 2015 | Oleh: admin sinode

disunting dari WIDHYA ASIH BALI
Universitas Dhyana Pura gelar Seminar bersama Dilli Institute of Technology Timor Leste
universitas-dhyana-pura-gelar-seminar-bersama-dilli-institute-of-technology-timor-leste

Hari Jumat, 18 September 2015, Undhira yang kini memiliki tiga belas program studi yang sudah terakreditasi kembali menerima kunjungan sekaligus menggelar Seminar  bersama Dilli Institute of Technology (DIT) Timor Leste. Ada sekitar 55 orang mahasiswa dari DIT Timor Leste yang langsung datang ke Undhira dengan maksud untuk studi banding dan mengikuti Seminar yang disampaikan oleh dosen Universitas Dhyana Pura.

Kunjungan yang dikoordinir oleh Fransisco Cosme De Sousa Gama salah satu dosen Pariwisata DIT,  disambut langsung oleh Rektor Undhira Dr. dr. Made Nyandra, Sp.KJ., M.Repro, FIAS, Wakil Rektor I Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE, M.MA., MA.,  Wakil Rektor II bidang Operasional, Kepala Biro Program Internasional Ni Luh Christine Prawitasari Suyasa, BS., M.Par sekitar 20 orang mahasiswa prodi Manajemen Undhira. Dr. dr. Made Nyandra, Sp.KJ., M.Repro, FIAS dalam sambutannya menyatakan terimakasih atas kerjasama yang telah terjalin selama ini. Diharapakan bahwa melalui kerjasama ini masing-masing universitas akan adapat selalu meningkatkan diri dalam pelayanan kepada mahasiswa.

Senin, 12 Oct 2015 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRA BALI
Wisuda IV Program Sarjana, Program Pendidikan Pelatihan Pariwisata Universitas Dhyana Pura
wisuda-iv-program-sarjana-program-pendidikan-pelatihan-pariwisata-universitas-dhyana-pura

UNIVERSITAS DHYANAPURA (UNDHIRA BALI) menggelar wisuda yang ke-4 di Agung Room, Inna Grand Bali Beach, Sanur, pada hari Sabtu, 5 September 2015. Universitas Dhyana Pura saat ini memiliki 2 (dua) Fakultas yaitu Fakultas Ekonomika & Humaniora serta Fakultas Ilmu Kesehatan, Sains dan Teknologi, dan Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata. Merupakan suatu kebahagiaan dan kebanggaan karena pada Wisuda ke IV ini, Undhira dengan bangga mempersembahkan 417 sumber daya manusia yang berkualitas, berkarakter dan berdaya saing di dunia kerja, Demikian Rektor Undhira Dr. dr. Made Nyandra, Sp.KJ., M.Repro dalam sambutannya.

Adapun wisudawan tersebut terdiri dari Program studi Manajemen ada 87 orang, dengan Konsentrasi Manajemen Perhotelan, Manajemen Bisnis Pariwisata dan Manajemen Keuangan, dari program studi Psikologi 5 orang, Program studi Pendidikan Anak Usia Dini 5 orang, program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 5 orang, Program studi Ilmu Gizi 8 orang, program studi Kesehatan Masyarakat ada 13 orang, program studi Teknik Informatika 9 orang, program studi Perekam dan Informasi Kesehatan 12 orang dan program studi Fisioterapi 5 orang serta 268 wisudawan dari Program Pelatihan dan Pendidikan Pariwisata.

Senin, 12 Oct 2015 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRA BALI
Undhira Bali Terima Kunjungan Mamoyama Gakuin, 10 Mahasiswa Mamoyama ikut Program Internasional Undhira
undhira-bali-terima-kunjungan-mamoyama-gakuin-10-mahasiswa-mamoyama-ikut-program-internasional-undhira

Universitas Dhyana Pura kembali menerima kunjungan dari universitas luar negeri yakni Mamoyama Gakuin, Kamis, 3 September 2015. Undhira dikunjungi oleh 20 orang mahasiswa dan 7 orang dosen dan guru besar dari Mamoyama Gakuin University Jepang. Rombongan Mamoyama yang berjumlah sekitar 30 orang ini menyempatkan diri untuk mengunjungi Undhira di tengah-tengah Internasioanal Work Camp (Kegiatan Kamp Kerja) mereka yang mengambil tempat di desa Melaya dan Blimbingsari Negara.


Kunjungan ini diterima oleh Rektor Undhira Dr.dr. Made Nyandra, Sp.KJ., M.Repro, Wakil Rektor I Undhira Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, S.E. M.MA., M.A., Kepala Biro Program Internasional,  Ni Luh Christine Prawita Sari Suyasa, Bs, M.Par dan bebarapa orang mahasiswa Undhira yang mengikuti program Internasional di kampus Undhira. Dalam sapaannya Rektor Undhira Dr.dr.Made Nyandra Sp.KJ., M.Repro menyatakan bahwa kami sangat senang dan berterimakasih atas kunjungan dari Mamoyama Gakuin ini ke Kampus Hijau Universitas Dhyana Pura. Selama ini Undhira telah menjalin kerjasama dan ber MoU dengan Mamoyama Gakuin University di…

Senin, 12 Oct 2015 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRA BALI
Info Fun Bike 2015 PBKW - GKPB
info-fun-bike-2015-pbkw-gkpb

FUN BIKE 2015 PBKW - GKPB

Waktu : Sabtu 31 Oktober 2015, Pkl : 07.00 - 12.00 Wita
Jalur : Gkpb Bongan- GKPB Sudimara - GKPB Tibubiu - BPI Beraban - Tabanan

Silahkan mendaftar di Pengurus PBKW Jemaat Masing2.
HTM : Rp. 75,000/org (Tiket-kupon door price - T shirt, Makan Siang)
Pendaftaran paling lambat 18 Oktober 2015....
Ayooo.... segera mendaftar.
Hadiah Door Price : Speda Motor, Sepeda Gunung, TV, dll...

GBU

kamis, 08 Oct 2015 | Oleh: admin sinode

disunting dari BPK. DAVID W. SAPUTRA
Prosesi peletakkan batu pertama pembangunan Saran Akomodasi & Training Centre
prosesi-peletakkan-batu-pertama-pembangunan-saran-akomodasi-and-training-centre

Selasa, 6 Oktober 2015 merupakan awal dimulainya pekerjaan dalam mewujudkan pengadaan sarana akomodasi dan training centre GKPB untuk pelayanan GKPB baik dilingkunan GKPB maupun bagi masyarakat luas. Hal ini ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama yang dihadiri oleh MSH, para Sekdep, Sekbid beserta karyawan di lingkungan GKPB.
Acara prosesi peletakkan batu pertama ini dipimpin oleh Pdt. I Nyoman Agustinus, M.Th dan acara berlangsung dengan sangat lancar serta cukup singkat, padat serta penuh kesan dan pesan. Dalam renungan yang disampaikan terdapat juga visi & misi serta komitmen yang harus diemban oleh GKPB.  Kurang lebih 12 batu yang ditanamkan pada prosesi peletakkan batu pertama ini yang juga merupakan perwakilan MSH, Sekdep, Sekbid, Ketua Panitia serta Rekanan diharapkan batu-batu yang telah diletakkan menjadi batu penjuru yang hidup dalam  menunjang pelayanan GKPB sehingga GKPB semakin hidup secara rohani dan ekonomi.
Sambutan diakhir acara oleh ketua Sinode GKPB yaitu Bishop Dr. Ketut Siaga Waspada. GKPB merasa sangat bersyukur karena selalu diberkati oleh Tuhan…

Selasa, 06 Oct 2015 | Oleh: admin sinode

Kunjungan ke Korea

Pada sidang sinode yang ke 100 Presbyterian Church In The Korea (PCK) & Presbyterian Church In The Republic of Korea (PROK) mengundang perwakilan gereja dari 20 negara untuk Indonesia diwakili Ketua Sinode GKPB Bali (Bishop Dr. Ketut Waspada). Rangkaian acara ini berlangsung mulai dari tanggal 10 sampai dengan 17 september 2015.

Adapun pembagian jadwal kegiatan secara garis besarnya sebagai berikut dimulai dari tanggal 10 – 13 september 2015 khusus membicarakan atau sharing mengenai perdamaian Asia Timur Laut sedangkan di pada tanggal 14 – 17 september 2015  memasuki agenda sindang PCK & PROK.

Dihari yang terakhir kami berada di Korea (17 september 2015) kami pergi kesebuah sungai yang letaknya lumayan jauh dari hotel, kami pergi kesana untuk mendoakan tersebut karena semakin tahun debit air pada sungai terus mengalami penurunan yang belum diketahui penyebabnya.

Jumat, 18 Sep 2015 | Oleh: admin sinode

Kegiatan My Home GKPB

Kegiatan MY HOME di lingkungan GKPB pertama kali diselenggarakan di lapangan Abianbase pada hari Sabtu (12 Sept 2015) kemarin. Dalam kegiatan ini dilakukan permbersihan lapangan Abianbase yang merupakan sarana umum dan tentunya banyak golongan / lapisan masyarakat yang menggunakan lapangan tersebut. Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan MY HOME di lapangan Abianbase ini mampu memberikan dampak-dampak positif bagi masyarakat di sekitarnya, yang nantinya tidak menutup kemungkinan sampai dengan masyarakat seluruh Bali.

Senin, 14 Sep 2015 | Oleh: admin sinode

Pertemuan Vikaris & Pendeta Muda
pertemuan-vikaris-and-pendeta-muda

Seluruh pendeta & vikaris GKPB diundang dalam sebuah acara pertemuan yang di selenggarakan pada Rabu, 9 September 2015 dan dimulai pada pukul 10 pagi.
Adapun tujuan diadakannya pertemuan ini adalah untuk mengingatkan para pendeta & vikaris GKPB akan tugas mereka.

Pertemuan ini dihadiri kurang lebih 40 orang pendeta & vikaris GKPB

rabu, 09 Sep 2015 | Oleh: admin sinode

Yudisium Program Sarjana dan Program Pelatihan Universitas Dhyana Pura Bali
yudisium-program-sarjana-dan-program-pelatihan-universitas-dhyana-pura-bali

Yudisium Program Sarjana dan Program Pelatihan Universitas Dhyana Pura Bali

Universitas Dhyana Pura (Undhira) Bali menggelar Yudisium di kampus setempat di kawasan Tegaljaya, Dalung-Kuta pada hari Kamis 27 Agustus 2015 untuk program Pendidkan dan Latihan Pariwisata dan pada hari Jumat, 28 Agustus 2015 untuk Fakultas Ekonomika dan Humaniora program studi Manajemen, dan Fakultas Ilmu Kesehatan, Sains dan Teknologi

Dalam laporannya I Made Darmayasa, SE, MM, selaku Ketua Panitia Yudisium menyampaikan bahwa total mahasiswa yang lulus dan berhak untuk diyudisium yakni untuk mahasiswa dari program Pendidikan dan Latihan Pariwisata (PPLP) ada 254 orang yakni 116 orang dari program pelatihan 1 tahun untuk jurusan Tata Hidangan, Tata Bhoga, Kantor Depan dan Tata Graha, 130 orang untuk program pelatihan 2 tahun dari jurusan Akomodasi Perhotelan, Tata Hidangan, Tata Bhoga dan Food and Beverage dan 8 orang untuk program pelatihan 3 tahun dari jurusan Manajemen Akomodasi Perhotelan dan Manajemen F & B. Untuk program Strata 1 yakni dari Program studi Manajemen ada 87…

Jumat, 04 Sep 2015 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRA BALI
HUT ke 57 Pemprov Bali

Peringatan hari ulang tahun merupakan momentum refleksi diri , disamping untuk mensyukuri keberhasilan yang telah diraih , juga untuk mengevaluasi kegagalan yang dialami . Hal ini disampaikan  oleh Mentri Dalam Negri ,Gamawan Fauzi , dalam pidatonya yang dibacakan oleh wakil Gubernur Bali , AA Puspayoga di upacara peringatan HUT ke-54 Pemprov Bali ,14/8 .

Ditambahkan , bahwa bagi suatu daerah , peringatan hari ulang tahun merupakan momentum untuk menilai tingkat kemajuan yang telah dicapai , sejalan perkembangan daerah-daerah lainnya , serta merevitalisasi program demi pencapaian yang harus diwujudkan pada tahun-tahun mendatang .

“Saya menilai tema peringatan yaitu Melalui HUT ke-54 Provinsi Bali , Kita Perkokoh kearifan Budaya Bali dalam rangka Mewujudkan Bali Mandara , memiliki makna strategis dan mengandung spirit bagi seluruh komponen masyarakat Bali untuk mengukuhkan kearifan lokal ditengah pesatnya perkembangan pembangunan .”

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ) Provinsi Bali Tahun 2008-2013 , memasuki tahun…

Senin, 17 Aug 2015 | Oleh: admin sinode

disunting dari BERITADEWATA.COM
Temu Raya VII PP Kristiyasa
temu-raya-vii-pp-kristiyasa

Selamat tanggal 9 - 12 Juli 2015!
#TemuRayaVII siap diselenggarakan, registrasi ulang untuk peserta dimulai jam 1 siang.
Mari bersama - sama bersekutu di Wisma Nangun Kerti #LightOfLove

Salam kasih
Pengurus Pusat PP. Kristiyasa GKPB
Panpel Temu Raya VII

kamis, 09 Jul 2015 | Oleh: admin sinode

disunting dari KRISTIYASA.COM
2 Pendeta Ini Diutus Dampingi Tersangka Agus dalam Pemeriksaan
2-pendeta-ini-diutus-dampingi-tersangka-agus-dalam-pemeriksaan

Gusti Made Alit Purya (53) dan Ferdinand Ludji (40), dua pendeta dari Gereja Kristen Bali dan Gereja Kristen Sumba mendatangi Polresta Denpasar, Bali, Kamis (2/7/2015). Kedatangan dua pendeta ini untuk mendampingi tersangka kasus pembunuhan Engeline (sebelumnya disebut Angeline) yakni Agus Tae Hamba May. "Kebetulan kami ditunjuk oleh gereja untuk mendampingi Agus," ujar Ferdinand Ludji kepada sejumlah wartawan. Ia mengatakan, pendampingan secara spiritual ini diperlukan agar dalam proses pemeriksaan terhadap Agus berjalan lancar. "Kami mendampinginya agar ia tetap jujur dan tenang menjawab pernyataan penyidik," ujarnya. Namun, niatan tersebut harus tertunda karena hingga saat ini Agus masih diperiksa oleh penyidik.  "Rencananya nanti sore baru mendampingi yang bersangkutan," jelasnya. (*)

kamis, 09 Jul 2015 | Oleh: admin sinode

disunting dari TRIBUN BALI
Sidang umum 3 & HUT ke 6 warga senior
sidang-umum-3-and-hut-ke-6-warga-senior-kristya-jati-gkpb

Baru - baru ini persekutuan warga senior "Kristya Jati" GKPB mengadakan Sidang Umum III yang bertempat di Gedung Maha Bhoga Marga (JL. Raya Kapal, No. 20, Mengwi Badung, Denpasar) yang di selengarakan pada Jumat, 5 Juni 2015. Bertepatan dengan itu di selenggarakan juga perayaan HUT yang ke 6 persekutuan warga senior "Kristya Jati" GKPB.



Acara dimulai kurang lebih pada pukul 9 pagi, seluruh perwakilan persekutuan warga senior dari masing-masing jemaat hadir disini. Sidang Umum berlangsung dengan lancar sampai pada pukul 14.00 atau 2 siang, kemudian dilanjutkan perayaan HUT ke 6 yang keseluruhan pengisi acaranya merupakan anggota warga senior. Acara ini juga dimotori oleh Departemen Persekutuan & Pembinaan GKPB sebagai panitia acara.

kamis, 11 Jun 2015 | Oleh: admin sinode

disunting dari GKPB
Klinik Pencipta Lagu
klinik-pencipta-lagu

Shallom,
Selasa (10 Maret 2015) sampai dengan Rabu (11 Maret 2015) GKPB mengadakan acara bertajuk "Klinik Pencipta Lagu" yang diselenggarakan di Wisma Nangunkerti dan dimotori oleh Departemen Persekutuan dan Pembinaan GKPB (DepTuBin). Kegiatan ini diadakan dengan maksud dapat mempertemukan warga anggota GKPB dari berbagai golongan / lapisan yang memiliki talenta dalam musik khususnya dalam hal mencipta lagu (komposer), sehingga akan menghasilkan lagu - lagu rohani kristiani yang baru. Selama acara yang dihadiri kurang lebih 50 komposer GKPB banyak lagu yang telah dihasilkan oleh para peserta, mereka bergantian mendendangkan lagu hasil ciptaan mereka. Selanjutkan lagu hasil ciptaan peserta di kumpulkan oleh pihak panitia untuk disaring kembali untuk dapat  dikemas menjadi sebuah buku pujian.

kamis, 12 Mar 2015 | Oleh: admin sinode

disunting dari DEPTUBIN GKPB
Monitoring & Evaluaton Training
monitoring-and-evaluaton-training

Shallom,
Baru - baru ini Sinode GKPB mengadakan acara pelatihan monitoring & evaluasi yang diselenggarakan di wisma Nangunkerti dan dimotori oleh Yayasan Dhyana Pura selama kurang lebih 1 minggu (2 Maret - 7 Maret 2015) dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan gereja khususnya program - program yang berkerja sama dengan EMS (Evangelical Mission in Solidarity) karena GKPB menjadi mitra dalam pelayanan EMS bagi gereja dan terutama bagi mereka yang tinggal di Indonesia Timur.

Adapun tujuan diselenggarakan pelatihan ini adalah :
- Meningkatkan kapasitas manajerial dan kemampuan untuk memonitor dan mengevaluasi kegiatan program di lingkungan mitra gereja EMS.
- Meningkatkan kualitas manajemen di mitra gereja EMS.
- Meningkatkan kualitas program administrasi dan teknis

Dalam pelatihan ini menghadirkan beberapa narasumber yang sudah dikenal expert dalam bidangnya yang berkaitan dengan monitoring & evaluasi suatu program dari segala aspek diantaranya :
1. I Gede Oka, S.E., M.M. (Independen Auditor)
2. R. Rulick Setyahadi,…

Selasa, 10 Mar 2015 | Oleh: admin sinode

Hukuman Mati Anggota Bali Nine Di Tunda
hukuman-mati-anggota-bali-nine-di-tunda

Denpasar, Bali (balichurchsynod.org) - Ketua Sinode GKPB yang juga ditunjuk sebagai Ketua Umum Musyawarah Pelayanan Antar  Gereja  (MPAG) Provinsi Bali, Dr. Ketut Waspada mengatakan merasa terpanggil menyuarakan agar hukuman mati kepada Andrew Chan dan Myuran Sukumaran di tunda.

Ia mengatakan saat ini jiwa kedua terpidana mati di Bali nyawanya sangat tergantung dengan Presiden. Menurutnya orang yang dimasukkan di Lapas itu untuk di bina dan banyak orang mengatakan Andrew Chan sudah berubah perilakunya, ia menyayangkan orang yang sudah berubah perilakunya menjadi baik tetap harus di hukum mati.

“karena tiga alasan ini maka saya memohon kepada bapak Presiden untuk mempertimbangkanlah, seumpanya tidak diperkenankan untuk mecabut hukuman itu setidaknya ditundalah pakai orang ini untuk menyadarkan generasi muda untuk menghindari bahaya narkoba,” jelasnya.

Menurutmya anak muda akan lebih mendengar para pengguna yang sudah tobat di banding kata para Pendeta. “saya saat Amrozi dulu mau dieksekusi sebenarnya tidak setuju karena tidak…

Jumat, 06 Feb 2015 | Oleh: admin sinode

Peresmian Kantor Cabang PT. PBR MBM di Tabanan
peresmian-kantor-cabang-pt-pbr-mbm-di-tabanan

Salah satu lembaga rural bank Sinode GKPB yaitu PT. BPR MBM, telah membuka kantor cabang di daerah Tabanan - Bali. Dengan dibukanya kantor cabang ini diharapkan pelayanan kepada masyarakat lebih dapat ditingkatkan khususnya bagi para nasabah ataupun calon nasabah di wilayah Tabanan.

kamis, 29 Jan 2015 | Oleh: admin sinode

MASA ORIENTASI VIKARIS

Di awal tahun 2015 ini, Sinode GKPB menerima para calon-calon pendeta (vikaris) yang siap untuk bertugas di jemaat. Para vikaris ini merukapakan lulusan Univ. Kristen Satya Wacana yang telah menyelesaikan masa studi meraka dengan baik. Adapun jumlah vikaris yang siap diorientsi pada periode kali ini adalah sejumlah 3 orang.

Namun sebelum mereka di langsung ke jemaat-jemaat, terlebih dahulu mereka akan diberikan masa / waktu pengenalan mengenai Sinode GKPB berikut dengan lembaga / departemen yang ada di dalamnya atau yang biasa disebutkan sebagai masa orientasi. Masa orientasi ini akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan, dimana pada 3 sampai 7 hari pertama para vikaris akan diorientasi di kantor Sinode GKPB, kemudian nanti akan terus berlanjut sampai lembaga / departemen yang terkait, dimana diharapkan setelah selesai masa orientasi ini para vikaris akan lebih mengenal atau memahami Sinode GKPB itu sendiri dan dalam pelayanannya di jemaat nanti bisa memberikan bimbingan kepada warga jemaat yang membutuhkan

rabu, 07 Jan 2015 | Oleh: admin sinode

Perayaan Natal di Lapas Denpasar
perayaan-natal-di-lapas-denpasar

Masih dalam suasana Natal & Tahun Baru, kemarin 5 Januari 2015 Sinode GKPB berserta anggota forum (Lembaga / Yayasan) yang ikut mengambil bagian dalam pelayan bagi warga Lapas Denpasar merayakan Natal bersama. Hal ini bertujuan agar anak-anak Tuhan yang sedang menjalani masa tahanan di Lapas Denpasar turut merasakan kebahagian Natal di tahun ini.

Adapun acara ini dapat berlangsung dengan lancar dan sukacita, yang turut mengambil bagian dalam pelayanan / kordinator adalah Tabur Tuai Sinode GKPB. Para warga lapas mengikuti ibadah Natal dengan sangat hikmat, tak lupa juga turut membagikan sukacitanya bagi warga lapas lain yang berbeda keyakinan.

Selasa, 06 Jan 2015 | Oleh: admin sinode