Sinode
GKPB
NEWS
Sinode GKPB
Gereja Kristen Protestan di Bali
Jl. Raya Kapal No 20, Kapal - Mengwi - Mangupura - Bali
Telp: (0361) 2747624 / 4425362 | Fax: (0361) 4424862 | Email: sinode.gkpb@gmail.com
SIDANG UMUM VI DAN HUT PGSMR DUTA KRISTAMA KE-17

PGSMR (Persekutuan Guru Sekolah Minggu&Remaja)Duta Kristama merupakan sebuah organisasi gerejawi yang berada di bawah naungan Sinode GKPB. PGSMR bertujuan mewujudkan Tri Panggilan Gereja yaitu Bersekutu, Bersaksi dan Melayani. PGSMR Duta Kristama memiliki program kerja yang turut menjawab Tri Panggilan Gereja di mana dalam pelaksanaan program tersebut PGSMR Duta Kristama perlu bersama-sama memikirkan dan merancang hal-hal baik untuk meningkatkan pelayanan PGSMR Duta Kristama ke depan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka PP. PGSMR Duta Kristama mengadakan Sidang Umum VI yang bertemakan “Menjadi Gereja Pembawa Keadilan”, sub tema ”Membangun Sukacita Pelayanan yang Dijiwai Keadilan, Kemurnian dan Kebersaamaan (Maz 97:1 & Roma 14:17). Melalui tema dan sub tema ini, kita berharap ASMR (anak sekolah minggu & remaja) & GSMR (Guru Sekolah Minggu dan Remaja) dapat merasakan keadilan melalui gereja yang ramah terhadap anak-anak dan remaja.

Disamping mengadakan evaluasi program periode 2018 - 2022, kami juga mengadakan pemilihan pengurus pusat harian periode 2022 - 2026 dan perayaan HUT PGSMR Duta Kristamake 17.

Sidang yang dikemas sangat apik dan terbatas dengan durasi waktu kurang lebih 7 jam, serta penerapan protocol kesehatan menghadirkan perwakilan satu orang pengurus dari masing-masing jemaat yang sudah terbentuk kepengurusan dan delapan orang perwakilan pengurus wilayah. Kehadiran 58 GSMR sebagai utusan jemaat, 8 orang ketua wilayah dan 15 orang pengurus pusat bersama-sama mengevaluasi program pelayanan PGSMR dalam periode 2018 - 2022, memilih kepengurusan baru periode 2022 - 2026, memperingati HUT ke 17 dan Launching MARS Duta Kristama.

Diawali renungan singkat oleh Pdt. Eddy Cahyana, M.Th, dengan mengambil ayat alkitab dari Filipi 2:14-15; beliau menekankan pada pelayanan yang tulus di mana Roh Kudus akan memberi kekuatan dan memampukan GSMR dalam melaksanakan tugas pelayanannya. Selain itu pula beliau menekankan pada pelayanan yang murni tidak bersungut-sungut. Terakhir beliau menekankan pula pada pelayanan yang seimbang, tidak berat sebelah dan memperhatikan hak dan kewajiban ASMR dan PGSMR Duta Kristama.

Selaku Ketua Panitia Kakak Agus Sarwa Edy, SE.,MM., menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengambil bagian untuk dapat menyukseskan SidangUmum VI dan HUT PGSMR Duta Kristamake 17; dalam hal ini Sinode GKPB, Kadeptubin, Kabid Khusus SMR & Pemuda dan Pendamping PGSMR Duta Kristama GKPB, Yayasan Maha Boga Marga, pengurus pusat PGSMR, ketua-ketua wilayah, seluruh utusan jemaat dan tim panitia.

Kak Edy juga menyampaikan maaf jika dalam pelaksanaan Sidang Umum VI ada tutur kata dan tingkah laku panitia yang tidak berkenan. “PGSMR Duta Kristama adalah milik Tuhan, mari kita jalani seluruh rangka ini sidang dengan baik sehingga dapat memilih kepengurusan yang baru yang akan meneruskan program kerja kepengurusan sebelumnya dan membuat program baru dengan prinsip pembekalan terhadap GSM dan pelayanan terhadap ASMR yang lebih baik” harapan Kak Edy bagi peserta sidang sebagai wujud keberhasilan sidang berjalan dengan baik.

Sekum Pdt. Wayan Damayana, S.Th., M.Si. berpesan kepada GSMR untuk tetap setia melaksanakan pelayanan di sekolah minggu dan remaja, juga menghimbau peserta sidang umum VI untuk tetap ketat melaksanakan protocol kesehatan selama persidangan berlangsung. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada kepengurusan periode 2018-2022 dan sidang umum VI menghasilkan kepengurusan baru periode 2022-2026. Selamat bersidang, singkat Pdt. Wayan Damayan, S.Th.,M.Si., sekaligus membuka persidangan dengan tanda pemukulan kentongan.

Presidium yang ditunjuk oleh seluruh utusan, ketua-ketua wilayah dan pengurus pusat dengan sistim pemilihan online adalah Kakak Probo Raharjo (Wilayah Kota) sebagai Ketua, Kakak Ni KadekTheressa Putri (Wilayah Badung Selatan) sebagai anggota, Kakak Ni Luh Febriana Kushendrati (Wilayah Bali Barat) sebagai anggota.

Kakak Probo Raharjo, Kakak Ni Kadek Theressa Putri, Kakak Ni Luh Febriana Kushendrati (Wilayah Bali Barat) memimpin persidangan dengan terarah serta disiplin waktu. Dari pleno berlangsung, menghasilkan rekomendasi-rekomendasi peserta sidang yang akan ditindaklanjuti oleh pengurus yang baru nanti, diantaranya sosialisai AD/ART untuk keseragaman bersama secara sinodal, pembahasan usulan program dan pemilihan pengurus pusat harian. Dalam pemilihan pengurus pusat PGSMR Duta Kristama periode 2022 – 2026 terpilih Kakak Agus Sarwa Edy (Ketua Umum), Kakak Bagus Surya Dinamika (Wakil Ketua), Kakak Anita Restuningsih (Sekretaris I), Kakak Rai Patricia Kusuma (Sekretaris II), Kakak Ruth Trisna Tari (Bendahara I),Kakak Jane Sylvia (Bendahara II).

Acara yang berlangsung singkat dikemas dalam situasi pandemik pun berakhir sesuai run down acara yang sudah disiapkan. Sebelum pulang peserta mendapatkan souvenir berupa “MUG” berlogo Duta Kristama dan bertuliskan HUT ke 17. By-Edy

rabu, 13 Apr 2022 | Oleh: admin sinode

disunting dari DEPTUBIN GKPB