Sinode
GKPB
NEWS
Sinode GKPB
Gereja Kristen Protestan di Bali
Jl. Raya Kapal No 20, Kapal - Mengwi - Mangupura - Bali
Telp: (0361) 2747624 / 4425362 | Fax: (0361) 4424862 | Email: sinode.gkpb@gmail.com
Trasformasi Kabar Baik ,Kids EE PGSMR Duta Kristama GKPB Wilayah Bali Barat

Sabtu 30 April 2022 sd 5 kamis 5 mei 2022 “Sengsara membawa nikmat” terlontar dari 28 peserta yang terdiri dari kakak kakak guru sekolah minggu remaja wilayah bali barat dengan 10 orang pemuda calon guru sekolah minggu remaja yang mengikuti kegiatan Clinik Kids EE yang terselengarakan berkerja sama dengan  program Gereja GKPB Pniel Blimbingsari dan Program PGSMR Duta Kristama GKPB wilayah bali barat.Bertempat di Balai Serba Guna (BSG) Pniel Blimbingsari dengan mendatangkan team Kids EE Indonesia Bali.

Selama enam(6) hari berproses trasformasi dari fasilitator Fasilitator yang handal dari team Kids EE Indonesia Bali yang belajar bersama tentang Kabar Baik yang membawa keselamatan. Berbagai cerita dan pengalaman pribadi yang tertuang oleh para peserta yang menguatkan iman dan percaya kita akan kabar baik keselamatan Allah.Lawatan karya Allah melalui Yesus telah mengubahkan menset dan pemikiran keraguan keraguan dalam kita menjadi guru guru sekolah minggu remaja.Trasformasi kabar baik yang kami bersama sama pelajari telah menguatkan dan memantapkan langkah kami kedepan untuk mempersiapkan generasi generasi penerus gereja terlebih lebih untuk generasi hebat GKPB di wilayah bali barat.Bagaikan Bejana Yang siap Dibentuk......jujur sangat melelahkan dan menyakitkan bila diperhitungkan secara pikiran manusia,,,,,Namun dibalik semua itu ada proses yang luar biasa yang Tuhan Yesus bentuk untuk kami mempersiapkan generasi genrasi penerus gereja.Trasformasi KABAR BAIK yang kami alami secara rohani sungguh karya penyelamatan yang sangat indah yang boleh terjadi selama 6 hari yang kami lalui.Belajar bersama dengan cara belajar orang dewasa yang tidak membosankan yang sangat sukacita berkarya mengembangkan diri menjadi lebih baik memperlengkapi diri berserah dalam kelemahan kepada Yesus untuk bisa memberitakan kabar baik bagi anak anak .

Tak seorangpun tahu kapan dan bagaimana dia meninggal
1.    ?? Seandainya anda meninggal dunia hari ini apakah anda yakin pasti masuk Surga? Banyak orang ragu untuk menjawabnya Apapun jawaban anda ada satu pertanyaan lagi yang lebih penting . . .
2.    ?? Seandainya anda meninggal dan Allah bertanya : “ Mengapa Aku harus mengijinkan engkau masuk Surga-Ku?”

Apa jawab anda . . .
Banyak orang mengatakan :
Kalau kita rajin beribadah, tidak berbuat jahat, melakukan yang baik, mentaati ajaran Agama tentunya dengan semua kebaikan itu kita harap kita boleh masuk ke Surga-Nya. Tapi pernahkah anda berpikir “Harus sebaik apakah kita, supaya kita layak masuk ke Surga-Nya?” Nah inilah kabar terbaik yang anda perlu dengar!dan diberitakan untuk anak anak kita Surga atau Hidup Kekal adalah Anugrah Allah . . . tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita (Roma 6:23b) Surga atau Hidup Kekal juga tidak kita dapat karena usaha atau karena upah
Karena kita sudah melakukan sesuatu pekerjaan untuk Allah.
“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu : jangan ada orang yang memegahkan diri”
Itu seumpama HADIAH yang tidak layak kita peroleh, Diberikan secra GRATIS tanpa harus membayar dengan apapun, baik itu dengan ibadah, perbuatan baik, atau amal kita.
Meskipun merupakan hadiah, tapi semua orang tidak dapat memperolehnya.

Apakah yang menghalangi kita menerima Anugrah ini?
DOSA
Semua manusia telah berdosa
Termasuk didalamnya adalah kita.
Menurut Anda : “ Apakah dosa itu?”
Dosa : pelanggaran terhadap hokum-hukun Allah, seperti : membunuh, zinah, kemarahan, tipu daya, pikiran jahat, nafsu, tidak melakukan kebaikan, bahkan tidak peduli terhadap Allah itupun dosa.
Seandainya kita hanya melakukan 3 dosa sehari saja, itu berarti dalam 1 tahun sudah lebih dari 1000 dosa dan kalau kita diberi hidup 80 tahun berarti ada 80.000 dosa, dengan dosa sebanyak itu mungkin kita layak masuk Surga ?
Manusia yang berdosa tidak mungkin dapat menyelamatkan diri sendiri
Mungkin kita berpikir harus berusaha berbuat baik supaya dapat masuk ke Surga, tapi . . . “ Harus sebaik apakah kita ?”
Tuntutan Allah adalah SEMPURNA
Demikian juga di hadapan Allah yang sempurna, bahkan dengan 1 dosa saja semua kebaikan kita sudah cemar dan kita layak masuk Surga.
Jadi usaha manusia mustahil, maka harus ada yang berbeda . . . .
Mari Kita Melihat Bagaimana Cara Allah
Menurut anda :
“ Bagaimana sifat Allah itu ?”
Banyak orang yang salah mengerti ada yang menggambarkan Allah seperti Kakek yang hanya menekankan kasih tapi mengabaikan keadilan.
Sebaliknya ada yang menggambarkan Allah seperti Polisi yang hanya menekankan keadilan tapi tanpa kasih.
Allah itu Kasih sekaligus Adil
Allah mengasihi kita dengan kasih yang kekal tapi Allah yang sama adalah Allah yang adil yang tidaklah sekali-kali membebaskan orang yang bersalah dari hukuman.
Hukuman dosa ialah maut, neraka selamanya . . .
Apakah anda melihat sebuah dilema ?
Allah yang kasih tidak ingin menghukum,
Allah yang adil harus menghukum manusia yang berdosa.
Bagaiman kasih dan keadilan Allah bertemu ?
Demikian pula yang Allah lakukan : Allah menunjukkan kasih dan keadilan-Nya melalui pengorbanan Diri-Nya didalam Yesus Kristus.
Yesus adalah Allah yang menjadi manusia
Yesus datang ke dunia dan hidup tanpa dosa (sempurnah)
Apa yang Yesus lakukan ? . . . .
Yesus disalib untuk menjalani hukuman atas dosa kita,”Tetapi Tuhan telah menimpkan kepadaNya (= Yesus) kejahatan kita sekalian”
“Yesus yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya didalam Dia kita dibenarkan oleh Allah”
Sebelum mati Yesus mengatakan “sudah selesai” artinya: seluruh hutang dosa kita sudah dibayar lunas.
Dia mati, dikuburkan dan bangkit pada hari ketiga, naik ke Surga dan menyediakan hadiah hidup kekal (surga) kepada kita secara Cuma-cuma.
Anugrah hidup kekal ini hanya dapat diterima dengan iman.
IMAN
Ibarat Kunci, ada banyak kunci tapi hanya ada satu kunci yang dapat membuka pintu Surga yaitu : Iman yang menyelamatkan.
Iman yang menyelamatkan bukanlah :
1. Iman yang melompat dalam gelap, artinya : Kita percaya tanpa tahu apa dan siapa yang kita percaya, atau
2. Iman yang berdasarkan akal saja, yaitu : tahu dan setuju pada fakta sejarah tentang Yesus, tapi secara pribadi tidak pernah mengandalkan Yesus untuk memperoleh hidup yang kekal.
3. Iman yang sementara, yaitu : mengadalkan Yesus untuk hal-hal sementara, seprti keuangan, kelurga, kesehatn atau kebutuhan jasmani. Semuanya itu memang baik dan anda harus percaya kepada Yesus untuk semua hal itu.Tapi ironisnya untuk memperoleh hidup kekal kita justru tidak mengandalkan Dia tapi mengadalkan usaha, kekuatan dan kebaikan kita sendiri.
4. Semua iman yang demikian tidak menyelamatkan.
Iman yang menyelamtkan adalah mengenal dan mengandalkan Yesus saja sebagai Tuhan dan Juru selamat untuk memperolah hidup kekal.
Anda baru saja membaca sebuah kisah terbesar yang menceritakan tantang Pribadi terbesar yang pernah hidup yaitu Yesus Kristus yang mau memberikan tawaran terbesar kepada anda yaitu :
Apakah Anda mau menerima anugrah hidup kekal ini ?
Jika ya, itu berarti kita mau :
1. Menerima Yesus Kristus Sang Pemberi Anugrah hidup kekal.
2. Mengalihkan dari pengandalan diri kepada Yesus sebagai juru selamat.
3. Menjadikan Yesus sebagai Tuhan dalam hati.Artinya Dia yang berkuasa dan mengontrol hidup kita.
4. Bertobat yang artinya berbalik dari hidup lama dan taat kepada kehendak Tuhan.
Nah jika ini yang anda kehendaki
Dan inilah janji Allah yang tidak pernah ingkar dan gagal-pasti ditepati !
“Aku berkata kepadamu : Sesungguhnya barang siapa percaya, ia mempunyai hidup yang kekal”
Yohanes6:47
Hidup kekal atau keselamatan kita adalah sekali untuk selamanya.
Jaminan keselamatan kita bukanlah mengandalkan kesetiaan atau kekuatan kita yang rapuh dan mudah lelah untuk dapat terus menerus berpegangan pada tangan Allah, tapi jaminannya adalah tangan Allah yang teguh, tak pernah lelah, setia memegang tangan kita
Allah:-Manusia
“Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku” Yohanes 10:28
Selamat datang dalam keluarga Allah“Tetapi semua orang yang menerimaNya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya (= Yesus)”Yohanea12
Sekarang anda adalah anak Allah, 

Selama-lamanya!
“Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan”Langkah kami tidak terhenti sampai disini kerangka penginjilan Kids EE sudah kami pelajari kini waktunya kami untuk segera melangkah bukan kami saja para guru tau akan kabar baik dan keselatan dari Allah waktunya kami bertrasformasi Kabar Baik buat anak anak kami khususnya ASMR Duta Kristama GKPB Bali Barat ........ladang ladang penginjilan anak anak siap kami tabur bersama Tuhan Yesus untuk memenangkan jiwa jiwa yang terselamatkan.Bukan karena kekuatan dan kehebatan kami tapi karena kemurahan Tuhan Yesus yang akan menolong dan memakai kami di tangan Nya untuk memberitakan KABAR BAIK KESELAMATAN DARI YESUS.Kiranya diberi kemampuan dalam melanjutkan trasformasi kabar baik kepada anak anak sekolah minggu remaja di masing masing gereja GKPB di wilayah Bali Barat.Kegiatan kami diakhiri dengan pesta rohani bersama beberapa anak anak sekolah minggu remaja dari wilayah bali barat para majelis pendamping masing masing gereja dan Bapak /ibu majelis GKPB Pniel Blimbingsari dan ditutup oleh Pdt I Nyoman Yohanes.Dan para peserta melatih  yang sudah diajarkan langsung kepada anak anak yang hadir dari berbagai gereja juga mengajak anak anak untuk mendengar dan menerima kabar baik.

Salam Kasih Yesus
dari PGSMR Duta Kristama GKPB Wilayah Bali Barat
Ni Made Dwi Heny Christanti,SE

 

Selasa, 10 May 2022 | Oleh: admin sinode

disunting dari PGSMR DUTA KRISTAMA GKPB WILAYAH BALI BARAT