Sinode
GKPB
NEWS
Sinode GKPB
Jl. Raya Kapal No 20, Kapal - Mengwi - Mangupura - Bali
Telp: (0361) 2747624 / 4425362 | Fax: (0361) 4424862 | Email: sinode.gkpb@gmail.com
Ayat Mas Harian
20 Feb 2018
(Mazmur 111:4)
Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan-Nya peringatan; TUHAN itu pengasih dan penyayang.
Universitas Dhyana Pura Gelar Kuliah Umum Karakter tentang Inkubator Wirausaha

Universitas Dhyana Pura mengawali tahun 2016 dengan menggelar kuliah umum tentang pendididkan karakter pada hari Rabu, 3 Pebruari 2016. Kuliah umum yang bertemakan “Model Penciptaan Wirausaha Muda Pemula melalui Inkubator Wirausaha” dengan narasumber Sayu Ketut Sutrisna Dewi, SE, MM, Ak, Ketua Inkubator Bisnis Universitas Udayana. Seminar tersebut diikuti oleh sekitar 300 orang mahasiswa dari 13 program studi yang ada di Universitas Dhyana Pura yang kini telah terakreditasi didampingi oleh para Kepala Program Studi yang ada di masing –masing jurusan . Seminar ini Juga dihadiri oleh Rektor Universitas Dhyana Pura, Dr.dr. Made Nyandra, SpKJ, M.Repro, FIAS, Wakil Rektor I, Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE.,M.MA, MA, Kepala Lembaga Pembelajaran Karakter, Rahmadi Prasetyo, ST.MT dan juga para dosen di lingkungan Universitas Dhyana Pura.

Dalam sambutannya yang sekaligus membuka kuliah umum, Rektor Undhira menyampaikan ‘Undhira selalu mengkhususkan hari rabu sebagai Hari Karakter dimana dalam satu hari tersebut tidak ada perkuliahan rutin seperti biasa namun dikemas dalam bentuk seminar atau kuliah umum yang berhubungan dengan penanaman dan pembentukan karakter bagi seluruh civitas akademika Undhira. Kuliah umum dan sharing pengalaman dari para motivator yang akan membangun karakter, jiwa dan semangat para mahasiswa untuk berkarya. Ada 7 karakter Undhira yang senantiasa dibangun yakni percaya diri, integritas, keberagaman, kewirausahaan, pemimpin yang melayani, profesional dan mendunia. Tahun 2016 ini dicanangkan sebagai tahun Kewirausahaan. Setiap mahasiswa dibekali dengan jiwa kewirausaahaan sehingga mereka bukan hanya sebagai pencari kerja namun lebih kepada pencipta lapangan kerja.

Dalam Kuliah umumnya Sayu Ketut Sutrisna Dewi menyatakan bahwa mahasiswa harus memiliki jiwa dan semangat enterepreneurship yakni mau bersaing, berani mencoba sesuai dengan potensi dan minat diri, selalu memanfaatkan setiap kesempatan dan tidak mudah menyerah. Setiap kewirausahaan selalu didasari oleh 7 S yakni space (tempat yang ada), shared (fasilitas), services (konsultasi uasaha), support (akses), skill development (pelatihan SDFM), seed capital ( akses pendanaan) dan synergi (kerjasama)

Undhira yang kini memiliki 7 jurusan dengan 13 program studi yang telah terakreditasi yakni jurusan Manajemen dan Bisnis dengan program studi Manajemen dan program studi D3 Manajemen Pemasaran, Jurusan Psikologi dengan program studi Psikologi, jurusan Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan program studi PKK dan program studi PG PAUD, jurusan Sastra Inggris dengan program studi Sastra Inggris, jurusan Bioteknologi dengan program studi Biologi, Jurusan Komputer dengan program studi Sistem Informasi dan program studi Teknik Informasi dan jurusan Kesehatan dengan program studi Fisioterapi, program studi Rekam Medis, program studi Kesehatan Masyarakat, dan program studi Ilmu Gizi. Disamping program S1, Undhira juga memiliki program Pendidikan dan Pelatihan Pariwisata (PPLP) dengan program pelatihan 1 hingga 3 tahun yang memberikan ketrampilan di bidang pariwisata.

Diharapkan melalui pendidikan karakter akan menghasilkan lulusan yang berkwalitas dan memiliki jiwa kewirausahaan dan terlebih lagi menghasilkan generasi muda yang berkarater mulia sebagai wujud jati diri bangsa.

Senin, 14 Mar 2016 | Oleh: admin sinode

disunting dari UNDHIRABALI.CO.ID